Bantuan Kuota Data Internet Meringankan Beban Orang Tua yang Stres Hadapi Anak selama PJJ

Pendidikan357 views

Inionline.id – Kegiatan sekolah daring, atau dikenal dengan istilah pembelajaran jarak jauh (PJJ), ternyata berpengaruh terhadap perubahan sikap anak. PJJ sudah berlangsung kurang lebih sembilan bulan, sejak kasus pertama covid-19 di Indonesia diumumkan pada Maret 2020.

Salah satu orang tua, Ruth Sylvia Damanik, menceritakan perubahan sikap yang dialami anak. Menurutnya, sang buah hati yang kini duduk di bangku kelas 5 SD menjadi lebih mudah sensitif dan emosional.

Misalnya, ketika sedang kelas online, guru menghadapi banyak murid. Hal ini membuat guru tidak terlalu fokus untuk melayani satu anak. Karena tidak mendapatkan perhatian guru, Ruth mengatakan anaknya menjadi sedih dan menangis setelah kelas online usai.

“Kalau tidak dilihat gurunya, diam-diam menangis, air mata sudah keluar,” ujar Fifi, sapaan Ruth, saat berbincang.

Fifi menilai, hal ini disebabkan anak tidak memiliki teman sebaya di rumah. Sebagai anak laki-laki satu-satunya, putra Fifi tentu butuh berinteraksi dengan orang lain yang seumuran.

Perubahan lainnya, anaknya dinilai menjadi lebih egois dan mandiri. Putra Fifi merasa bisa melakukan semua tugas sendiri tanpa butuh bantuan kedua orang tua.

“Ada internet dan Google. Jadi, dia berinteraksinya tidak sama orang lagi, sama Google. Semuanya diatasi oleh Mr Google,” ujar Fifi, berkelakar.

Namun diakuinya, kemampuan anak untuk menggunakan internet menjadi lebih bertambah selama pandemi ini. Bahkan, anaknya sudah pandai melakuan editing video dan pandai juga menggunakan media sosial.

Disinggung mengenai kemungkinan dimulainya pembelajaran tatap muka di sekolah pada Januari 2021, baik Fifi maupun Elang Riki mengaku pesimistis. Masih tingginya angka kasus positif covid-19 menjadi penyebab.

“Ragu-ragu karena masih tinggi angka penularan covid-19. Jika diberi pilihan untuk mengikuti sekolah tatap muka atau tetap di rumah, maka kami akan tetap memilih sekolah dari rumah mengingat tren penularan covid-19 masih tinggi saat ini,” kata Elang Riki.

Sementara, Fifi mengatakan pihak sekolah telah memutuskan menunda kegiatan tatap muka pada tahun depan berdasarkan keputusan bersama para orang tua dengan sekolah.

“Meskipun kita stres menghadapi anak di rumah, lebih stres lagi jika anak dibiarkan pergi ke sekolah. Itu akan lebih parah. Kebetulan sekolahnya satu gedung dengan suster yang lansia. Jadi, tidak dikasih (belajar tatap muka),” kata Fifi.

Bantuan Kuota Data Internet

Melihat banyak sekolah yang memberlakukan PJJ selama masa pandemi, Indosat Ooredoo memberikan dukungan berupa bantuan kuota data internet sejak bulan September 2020 lalu. Bantuan kuota data internet ditujukan kepada pengguna IM3 Ooredoo yang sudah mendaftarkan nomor ponsel yang dimiliki ke sekolah untuk memanfaatkan bantuan kuota data internet untuk pembelajaran daring.

Besaran bantuan kuota data internet yang didapatkan oleh pengguna IM3 Ooredoo bervariasi sesuai dengan jenjang pendidikan. Untuk PAUD mendapatkan total kuota 20GB yang terdiri dari kuota 5GB untuk akses ke semua, dan kuota belajar 15GB yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi dan situs belajar daring.

Untuk pelajar memperoleh total kuota 35GB, 5GB untuk akses ke semua dan 30GB untuk kuota belajar. Sementara untuk guru total kuota yang diberikan adalah 42GB, 5GB untuk akses ke semua dan kuota belajar 37GB.

Untuk kuota belajar yang diperoleh dapat digunakan untuk mengakses aplikasi belajar online seperti Ruangguru, Zenius, Quipper, Rumah Belajar, Google Classroom, dan lainnya serta ke lebih dari 300 portal universitas di Indonesia yang bisa digunakan selama 24 jam.

Lebih dari itu, IM3 Ooredoo juga menyediakan paket pintar bagi pelajar, mahasiswa, dan pengajar untuk mendapatkan kuota belajar lebih banyak melalui paket IMClass dengan kuota 30GB  yang bisa digunakan untuk mengakses platform belajar online populer dan portal edukasi universitasuniversitas di Indonesia.

Paket IMClass dapat dinikmati kapan saja, di mana saja dengan masa aktif 30 hari dan pelanggan bisa dengan mudah mendapatkannya melalui aplikasi myIM3 atau kunjungi https://indosatooredoo.com/en/personal/imclass untuk informasi lebih lanjut.