Akibat ‘Penyakit Misterius’ di India 1 Orang Meninggal, Ratusan Dirawat

Internasional157 views

Inionline.id – Jumlah orang yang terkena ‘penyakit misterius’ di India terus bertambah pada Senin (07/12). Setidaknya satu orang meninggal dan 227 orang dirawat di rumah sakit.

Para pasien, dari Eluru di negara bagian Andhra Pradesh, India selatan, memiliki berbagai gejala mulai dari mual hingga kejang-kejang dan jatuh pingsan, kata dokter.

Sejumlah tempat tidur di Rumah Sakit Pemerintah Eluru telah disiapkan seandainya dibutuhkan.

Otoritas di India sedang menyelidiki penyebab penyakit tak dikenal yang mulai terjadi pada akhir pekan itu.

Penyakit itu datang saat India terus memerangi pandemi virus Corona.

Andhra Pradesh telah menjadi salah satu negara bagian yang paling parah terkena dampak – dengan lebih dari 800.000 kasus positif, daerah ini memiliki jumlah kasus tertinggi ketiga di India.

Namun Menteri kesehatan negara bagian, Alla Kali Krishna Srinivas mengatakan para pasien ‘penyakit misterius’ itu telah menjalani tes virus Corona, dan semua hasilnya negatif.

Seorang petugas medis di Rumah Sakit Pemerintah Eluru mengatakan kepada The Indian Express, “Orang-orang yang jatuh sakit, terutama anak-anak, tiba-tiba mulai muntah setelah mengeluhkan mata mereka terasa terbakar. Beberapa dari mereka pingsan atau menderita kejang”.

Hingga kini 70 orang sudah dipulangkan dari RS, sementara 157 orang pasien lainnya masih dirawat.

Tim medis khusus dikirim untuk menyelidiki penyakit misterius itu.

India, penyakit misterius, kesehatan

Para pasien mengalami gejala mual, kejang-kejang, hingga jatuh pingsan (BBC)

Menteri Kesehatan Andhra Pradesh Alla Kali Krishna Srinivas mengatakan bahwa sampel darah tidak menemukan bukti adanya infeksi virus.

“Kami mengesampingkan pencemaran air atau polusi udara sebagai penyebab penyakit ini setelah petugas mendatangi daerah-daerah tempat orang jatuh sakit,” katanya. “Ini adalah penyakit misterius dan hanya analisis laboratorium yang akan mengungkapkan apa itu.”

India, penyakit misterius, kesehatan

BBC

 

Namun oposisi pemerintah, Partai Telugu Desam, yang telah meminta penyelidikan atas insiden tersebut, bersikeras bahwa kontaminasi adalah penyebab penyakit misterius tersebut.