7 Hal yang Bisa Menyebabkan Kaki Tiba-Tiba Mengalami Kram

Kesehatan157 views

Inionline.id – Banyak masalah kesehatan yang bisa kamu alami ketika kamu tengah beraktivitas atau berolahraga. Salah satu hal yang kerap terjadi dan terasa sangat mengganggu adalah terjadinya kram.

Ketika kram terjadi, kamu bakal kesulitan bahkan untuk menggerakkan kakimu. Hal ini sayangnya juga bisa terjadi ketika kamu sedang bersantai atau bahkan saat tidur.

Terjadinya kram di kaki ini bisa dihindari asalkan kamu mengetahui hal-hal apa yang bisa menjadi penyebab masalah ini. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya kram secara tiba-tiba di kaki.

Kurang Konsumsi Air

Kram bisa disebabkan karena konsumsi air yang kurang. Ketika kamu kurang air atau bahkan mengalami dehidrasi, kram rentan kamu alami. Oleh karena itu, kamu rentan mengalmi kram saat sedang tidur.

Dampak Obat dan Makanan

Kurang Nutrisi

Elektrolit adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk terhindar dari kram. Mengonsumsi berbagai makanan sehat seperti buah dan sayuran berwarna hijau yang kaya elektrolit dapat mencegah serangan kram.

Efek Samping Obat

Beberapa obat seperti statis dan furosemid sebenarnya bisa menyebabkan kram otot. Sehingga ketika kamu mengonsumsi obat-obatan tersebut, maka berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui efek sampingnya.

Masalah Olahraga

Kurang Pemanasan

Kram yang terjadi ketika olahraga bisa terjadi akibat kurangnya pemanasan. Sebabnya pemanasan akan membuat otot menjadi kuat dan lebih lentur.

Olahraga Berlebihan

Saat kamu berolahraga lebih keras dari biasanya, maka hal ini bisa membuat otot jadi lelah dan berakhir dengan kram.

Masalah Sirkulasi Darah dan Ukuran Sepatu

Sirkulasi Darah yang Buruk

Sirkulasi darah yang buruk bisa menjadi penyebab berbagai masalah dalam tubuhmu. Hal ini juga bisa menjadi penyebab kamu mengalami kram.

Ukuran Sepatu yang Salah

Ketika kamu ingin membeli sepatu, pastikan bahwa kamu memilih ukuran yang tepat. Pasalnya, saat kamu menggunakan sepatu dengan ukuran yang kurang tepat, maka kamu bisa berisiko tinggi untuk terkena kram.

Terjadinya kram pada diri seseorang bukanlah sebuah hal yang bisa disepelekan. Dalam jangka panjang, kram bisa merusak otot dan saraf. Mencegah berbagai faktor di atas bisa membuatmu terhindar dari masalah ini.