Realme Watch S, Paket Lengkap Harga Rp 1 Jutaan

Iptek357 views

Inionline.id – Smartwatch merupakan benda yang sudah tidak asing lagi di tahun 2020. Smartwatch menjadi salah satu perangkat AIoT yang paling sering digunakan bagi para pengguna smartphone akhir-akhir ini.

Pasar pengguna smartwatch juga semakin besar, karena tidak hanya karena desain dan trend, namun smartwatch di jaman sekarang mempunyai fungsi yang sangat vital untuk beberapa orang. Beberapa pengguna menggunakan smartwatch untuk alasan Kesehatan, dan yang lainnya menggunakan smartwatch untuk alasan efektifitas pekerjaan sehari-hari.

Fitur-fitur yang diberikan smartwatch pun juga semakin lengkap: tidak hanya menjawab pertanyaan efektivitas, namun juga kesehatan penggunanya. Namun, problem dari smartwatch yang sering kita lihat dipasar hanya satu: semakin baik spesifikasinya, harganya pun semakin tinggi, dan semakin baik fitur-fitur yang dimiliki smartwatch tersebut, harganya pun semakin berbeda.

realme Watch S dibuat oleh realme Indonesia untuk menjawab tantangan ini. Masyarakat menginginkan produk smartwatch dengan spesifikasi yang baik, fitur yang mumpuni, namun juga memiliki harga yang terjangkau. realme pun melihat permintaan pasar dan mengeluarkan realme Watch S ini. realme memang dikenal sebagai brand yang sangat memperhatikan sisi teknologi, namun tidak melupakan sisi desain dari semua produknya, dan realme watch S terbilang memiliki semua aspek yang diperhatikan ini.

Kebetulan, kami sudah mendapatkan realme Watch S ini dan mencoba produk ini selama beberapa hari terakhir. Berikut adalah hasil pengamatan kami selama beberapa hari ini.

Desain

realme Watch S memilki desain yang terbilang sangat elegan dan “membumi”, dalam artian desain ini dapat disukai oleh berbagai jenis kalangan. Bentuk watchnya bulat dengan dua tombol di bagian kirinya. Smartwatch ini mempunyai layar sentuh sebesar 1,3” dengan resolusi 360×360 pixel untuk layarnya.

Body dari watch ini sendiri terbuat dari campuran alumunium sehingga terasa sangat ringan. Layar dari smartwatch ini juga sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan berbenturan dengan benda apapun. Smartwatch ini juga hanya mempunyai satu warna untuk badannya yaitu berwarna hitam, namun realme menyediakan berbagai jenis tali untuk menyeimbangkan trend dan keinginan para penggunanya.

Masih soal desain, bisa dilihat bahwa realme serius untuk membuat jam miliknya menjadi personal bagi para penggunanya dengan menyediakan berbagai watch face yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna. Saat ini terdapat 7 watch face yang dapat digunakan, dimana salah satu watch face yang dapat dimodifikasi sesuai dengan gambar dan gaya jam yang kita inginkan. Dikabarkan bahwa 100 Watch Face akan dihadirkan juga oleh realme di masa yang akan datang.

Memantau Kesehatan

realme Watch S hadir dengan berbagai fitur yang dapat memantau dan membantu anda mengawasi kesehatan Anda sendiri. Salah satu fitur yang dibawa oleh realme di realme Watch S ini adalah alat pemantau kadar oksigen dalam darah (SpO2). Di masa-masa ini, kadar oksigen darah merupakan salah satu tanda yang dapat digunakan oleh pengguna untuk melihat adanya indikasi penyakit dalam tubuh seseorang. Alat pemantau kadar oksigen ini juga tergolong rumit dan membutuhkan peralatan medis, namun realme berhasil membungkus alat medis tersebut di dalam smartwatch mereka dan memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Tidak hanya alat pemantau kadar oksigen, namun realme juga menaruh fitur alat pemantau detak jantung 24 jam. realme Watch S sendiri memiliki sensor detak jantung optik PPG yang mendukung pemantauan detak jantung selama 24 jam. Hal ini tentu saja sangat berguna. Jika disandingkan dengan alat pengukur detak jantung medis, hal ini tergolong cukup akurat. Fitur ini akan mendeteksi detak jantung genggunanya setiap 5 menit dan semua catatan akan masuk ke dalam realme Link dalam smartphone Anda.

Untuk melengkapi hidup sehat penggunanya, realme menyediakan 16 mode olahraga yang dapat membantu kita untuk mengecek tidak hanya waktu yang kita keluarkan untuk olahraga tersebut, namun juga kalori yang keluar dari tubuh kita setelah melakukan olahraga tersebut. Terdapat 16 mode olahraga termasuk kriket yang dapat dideteksi oleh smartwatch ini. Fitur ini tergolong akurat saat digunakan untuk berolahraga dan berguna untuk memantau waktu kita berolahraga.

realme melihat bahwa smartwatch sering sekali digunakan oleh pengguna untuk memantau Kesehatan pemiliknya. Untuk itu, realme watch S di desain dengan baik untuk dapat dihubungkan oleh pemakai ke smartphone mereka dengan memberikan realme Link. Dengan realme Link, pengguna bisa mendapatkan data mengenai kesehatan mereka dan masuk langsung ke smartphone mereka. realme Watch S mendeteksi tidak hanya detak jantung dan jumlah oksigen dalam darah, namun juga jumlah tidur yang pengguna dapatkan, langkah yang pengguna ambil setiap harinya hingga peringatan untuk bergerak dan minum air. Semua ini juga akan masuk ke dalam realme Link sebagai catatan kesehatan bagi penggunanya.

Adanya realme Link dapat dikatakan cukup berguna, hanya saja realme Link ini hanya tersedia di Android untuk saat ini, sehingga pengguna IOS masih belum bisa menggunakan smartwatch ini dengan maksimal untuk saat ini karena tidak adanya realme Link untuk iOS.

Beragam Fitur Cerdas

realme Watch S memiliki beberapa fitur cerdas lainnya yang dapat berguna untuk kegiatan sehari-hari. Salah satu fitur yang sering kali kami gunakan saat review ini adalah fitur musik yang tersambung ke smartphone dan dapat mengubah volume tanpa harus memegang smartphone tersebut.

realme Watch S ini juga dapat menerima hampir semua notifikasi dari smartphone Android yang tersambung dengannya, mulai dari WhatsApp, Facebook, Instagram dan Twitter. Dengan layar yang besar, melihat notifikasi dari smartwatch ini merupakan hal yang nyaman. Hanya saja, smartwatch ini belum memiliki kapabilitas untuk membalas pesan-pesan tersebut lewat jam.

Salah satu fitur lainnya yang sangat berguna bagi para pengguna smartphone adalah kemampuan realme Watch S yang dapat menjadi tombol untuk kamera jarak jauh. Saat smartphone anda ditaruh dalam jarak yang tidak terjangkau oleh tangan, Anda dapat menggunakaan realme Watch S untuk mengambil foto Anda.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, realme Watch S memberikan kenyamanan yang dibutuhkan oleh penggunanya. Berberapa lainnya yang perlu diperhatikan pada jam ini adalah absennya speaker pada smartwatch ini.

Hal ini sangat disayangkan mengingat berbagai smartwatch saat ini sudah mempunyai speaker dan mampu memberikan notifikasi dalam bentuk suara, namun realme Watch S hanya dapat memberi alert kepada penggunanya via getaran. Selain itu body dari jam nya tergolong cukup besar, sehingga jam akan terlihat sangat besar bagi pengguna yang mempunyai tangan cukup mungil.

Di luar itu, realme Watch S mempunyai price to performance yang cukup menggiurkan. realme Watch S dibanderol dengan harga Rp 999 ribu saja di penjualan pertamanya yaitu di realme 11.11 Salebration ini. Tentu saja realme Watch S dapat menjadi smartwatch yang sangat trendy namun terjangkau di harga dan kelasnya. Dapat dikatakan, smartwatch ini bisa menjadi paket lengkap bagi pecinta aksesoris dengan teknologi terdepan untuk membantu kehidupan sehari-hari.