Pemkab Sumedang Berencana Menerapkan Sistem Parkir Berlangganan Mulai 2021

Antar Daerah057 views

Sumedang, Inionline.id – Pemerintah Kabupaten Sumedang saat ini sedang merencanakan untuk menerapkan parkir berlangganan agar tata kelola dan manajemen perparkiran dapat dilakukan secara lebih modern. Rencananya parkir berlangganan ini sudah bisa beroperasi mulai Januari 2021 mendatang.

Sekertaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengatakan saat ini Pemkab Sumedang sudah mempersiapkan teknis program parkir berlangganan tersebut.

“Harapan, bulan Januari 2021 parkir berlangganan ini sudah mulai dapat beroperasi,” kata Herman saat Rakor Permohonan Rekomendasi Perparkiran Kabupaten Sumedang, di Mapolres Sumedang, Rabu (4/11/2020).

Menurut Herman sistem parkir berlangganan ini bisa dilakukan di gerai-gerai yang telah disiapkan dengan cara pembayaran digital payment, dan ada juga pembayaran di Kantor Samsat.

“Parkir berlangganan ini di luar sistem Samsat. Tapi, kami titipkan di kantor Samsat, kami juga akan meningkatkan SDM dan melengkapi sarana prasarananya, mulai dari berbagai aspek sudah dianalisis secara mendalam,” katanya.

Adanya parkir berlangganan ini, kata Herman dapat memberikan manfaat bagi pemerintah dan juga bagi masyarakat. Namun, pihaknya juga sudah menyiapkan antisipasi dengan manajemen risiko, termasuk risiko sosial apabila ada dampak dari program kebijakan tersebut jika sudah diterapkan nanti.

“Komunikasi informal kami bangun terus dengan berbagai pihak sehingga tidak ada yang merasa ditinggalkan dengan adanya parkir berlangganan ini,” ucap Herman.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang Surrys Laksana Putra menambahkan selama ini masalah parkir di wilayah Sumedang masih belum teratur sehingga membuat masyarakat tidak nyaman.

Soal teknis di lapangan, Kata Surrys, nantinya akan ada petugas parkir yang akan memberikan pelayanan kepada konsumen. Tapi, sebelum itu mereka akan dibekali terlebih dahulu kemampuan dan penampilan yang menarik agar konsumen merasa nyaman.

“Artinya, kemampuan mengaturnya akan kita bina, latih dan kita juga akan memberikan pengetahuan terkait lalu lintas dan sebagainya,” ucap Surrys.

Surrys menyebutkan, petugas parkir yang ada di Kabupaten Sumedang saat ini kurang lebih terdapat 400 orang. Namun pihaknya akan kembali melakukan penyaringan kembali.

“Petugas parkir di Sumedang eksisting ada 400-an. Nanti yang memenuhi syarat akan kami rekrutmen kembali untuk dijadikan juru parkir yang tetap dan mereka akan kita gaji,” ucapnya.