Korban Tewas Akibat Gempa M 7 di Turki Menjadi 37 Orang, 900 Terluka

Internasional157 views

Inionline.id – Tim penyelamat berpacu melawan waktu untuk menyelamatkan orang-orang yang terperangkap di bawah puing-puing di Turki dan Yunani pada hari Sabtu. Hingga saat ini tercatat korban tewas akibat gempa Turki mencapai 37 orang.

Dilansir dari AFP, Minggu (1/11/2020), gempa berkekuatan 7,0 itu menewaskan 37 orang dan melukai hampir 900 orang di Turki setelah terjadi pada Jumat sore di dekat kota pantai barat Seferihisar di provinsi Izmir.

Juga menewaskan dua remaja dalam perjalanan pulang dari sekolah di Yunani, tsunami kecil di pulau Aegean Samos dan gelombang laut yang mengubah jalan-jalan menjadi sungai deras di satu kota pesisir Turki.

Otoritas Turki mencatat ada sekitar 600 kali gempa susulan usai gempa M 7, puluhan di antaranya berkekuatan lebih dari 4,0. Hal ini mempersulit pencarian mereka yang diyakini masih bernapas di bawah tumpukan puing beton.

Di Bayrakli, sebuah distrik dekat kota resor pesisir Turki Izmir di mana 17 bangunan runtuh, keluarga dan teman-teman menyaksikan dengan kesakitan, kelelahan, dan harapan ketika para pekerja dengan susah payah mengangkat lempengan blok apartemen yang diratakan.

Kegembiraan, kelegaan, dan air mata kebahagiaan menyambut setiap orang yang selamat. Teriakan kesakitan disertai kantong hitam yang menahan jenazah yang dikeluarkan dari zona bencana.

“Coba saya lihat siapa itu!” seorang pria berteriak.

Di ruang hijau kecil di dekat bangunan yang rusak, tenda didirikan untuk keluarga yang ketakutan untuk bermalam.

“Semalam dingin sekali,” kata Nilgun Yikariz, 59, yang sedang tidur di rumput di tenda kecil di luar apartemennya yang hancur.

Di dekatnya, Azize Akkoyun mengenali bagian dari apartemen keluarganya di reruntuhan saat dia menunggu berita tentang orang-orang terkasihnya yang hilang.

“Tirai itu, milik menantu putri saya,” kata Akkoyun kepada AFP. “Insya Allah mereka akan keluar hidup-hidup.”