Kepuasan Kinerja Jokowi Menangani Corona dalam Bingkai Survei

Headline, Nasional157 views

Inionline.id – 57,8 Persen masyarakat Indonesia puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penanganan pandemi virus Corona (COVID-19). Data tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Dalam survei, LSI memberikan pertanyaan kepada responden ‘Apakah Bapak/Ibu sangat puas, puas, tidak puas, atau sangat tidak puas dengan kerja Presiden Joko Widodo dalam menangani wabah virus corona (COVID-19)?’.

“Kepuasan masyarakat terhadap penanganan COVID-19 oleh pemerintah. Untuk isu ini di bulan Oktober itu mayoritas, meskipun tidak terlalu tinggi, 57,8 persen, hampir 58 persen masyarakat menyatakan bahwa mereka puas dengan penanganan virus Corona yang dilakukan oleh pemerintah,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis survei yang disiarkan virtual, Selasa (3/11/2020).

Sementara 39,4 responden mengaku tidak puas. “Meskipun yang menyatakan tidak puas cukup banyak di sini, hampir 40 persen, ini bisa menjadi catatan juga bagi pemerintah,” imbuhnya.

Survei dilaksanakan terhadap 1.200 responden yang dipilih dengan metode simple random sampling melalui wawancara telepon dalam kurun 13-17 Oktober 2020. Margin of error survei kurang-lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden juga diberi pertanyaan soal kepercayaan terhadap sejumlah lembaga dalam mengawasi bantuan penanganan COVID-19. Hasilnya, Presiden menempati posisi teratas, disusul pemerintah provinsi hingga Kementerian Sosial (Kemensos).

“Mana yang masyarakat percayai untuk memastikan bantuan itu tepat sasaran atau tidak, tidak dikorupsi dan sebagainya. Pada Oktober 2020 ini, kepercayaan paling tinggi untuk isu ini ada di Presiden, diikuti oleh pemerintah provinsi, Kemensos, pemerintah daerah kabupaten/kota, pemerintah desa/kelurahan, Gugus Tugas COVID-19, KPK jauh di bawah,” ujar Djayadi.

Berikut ini tingkat kepuasan responden terhadap kinerja Presiden Jokowi dalam menangani pandemi Corona:

Sangat puas 5,2%
Puas 52,65
Tidak puas 34,1%
Sangat tidak puas 4,3%

Berikut ini lembaga paling dipercaya responden dalam mengawasi bantuan penanganan COVID-19:
Presiden
Sangat percaya 14%
Percaya 67%