Jelang Hari Aids Sedunia, 7000 Ibu Hamil di Kota Bogor Akan Jalani Tes HIV/AIDS

Kesehatan057 views

Bogor, Inionline.Id – Anggota komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat yang juga tokoh pegiat HIV/AIDS Kota Bogor, Iwan Suryawan mengadakan rapat kerja bersama Warga Peduli Aids (WPA) Bogor Timur yang diketuai oleh Dewi Rostiana.

Berlokasi di Kuntum Farm Field, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, acara tersebut dihadiri oleh 14 orang anggota WPA Bogor Timur pada Sabtu (07/11/2020).

Iwan Suryawan pun membawa dua kabar penting bagi para kader WPA dan warga Kota Bogor pada umumnya dimana menjelang hari HIV/Aids sedunia dirinya telah menyiapkan dua agenda besar.

“Agenda rutin ini sebulan sekali kita adakan oleh Warga Peduli Aids di 6 kecamatan dan hari ini di Bogor Timur, InshaAllah di bulan November-Desember ini ada target yang harus dilakukan untuk kegiatan mereka yang akan dikolaborasikan dengan kegiatan layanan kesehatan yang dilakukan oleh Dinkes atau di puskesmas di tingkat kelurahannya adalah untuk pemeriksaan ibu hamil dimana Kota Bogor ditargetkan 14 ribu ibu hamil yang harus di periksa,” kata Iwan.

Lanjut, menurut mantan Wakil ketua DPRD Kota Bogor ini, wanita hamil yang sudah diperiksa mencapai 7000 orang sehingga dalam satu bulan kedepan 7000 orang sisanya akan digencarkan pemeriksaannya untuk mencapai target.

“Tentunya ini kerjasama antara warga melalui KPA dan WPA dengan puskesmas, yang kedua menyambut hari Aids di 1 Desember nanti InshaAllah kita akan mengadakan kegiatan seperti biasa dengan fokus kepada anak dengah HIV Aids (Adha) beserta keluarga dan pendampingnya, akan kita support agar dalam kondisi Covid-19 ini mereka terus sehat dan tumbuh seperti anak-anak lainnya,” ujar Iwan.

Terkait pemeriksaan massal HIV/AIDS bagi 7000 ibu hamil Kota Bogor, Iwan mengatakan apabila ditemukan ibu yang positif HIV/AIDS maka akan dibantu disediakan penanganan khusus.

“Yang pertama pendampingan, dan memastikan yang bersangkutan atau ibu hamil tersebut bila positif HIV/AIDS harus selalu minum obat serta menjaga kehamilannya hingga dapat melahirkan anaknya dengan selamat dan negatif HIV, itu harapan kami,” pungkas Iwan.

Ketua WPA Botim, Dewi Rostiana mengungkapkan bahwa kegiatan yang diagendakan Iwan Suryawan ini dianggap sangat baik apalagi momentumnya tepat jelang hari HIV/AIDS sedunia.

“Kerjasamanya dengan WPA serta KPA untuk pendataan bagi ibu-ibu hamil, dan kami berharap semua kader WPA bisa tetap berkumpul, bisa mendata warga khususnya ibu rumah tangga yang juga sedang tidak hamil yang terkena HIV agar kedepannya kita bisa tahu apakah beresiko atau tidak,” tutup Dewi. (JC)