by

Ini 4 Cara Meredakan Konstipasi agar Bisa Buang Air dengan Lancar

Inionline.id – Masalah buang air besar tak lancar atau konstipasi merupakan suatu hal yang dialami banyak orang. Kondisi ini bisa sangat mengganggu teruama ketika tinja terlalu keras serta buang air besar tak lancar.

Salah satu tanda terjadinya konstipasi ini adalah buang air besar yang hanya dua hari sekali. Oleh karena itu penting untuk menerapkan sejumlah cara dalam mengatasinya.

Terjadinya konstipasi ini bisa sangat mengganggu dalam aktivitas sehari-hari. Hal ini biasanya juga disertai kondisi perut yang kembung.

Penting untuk melakukan sejumlah cara meredakan konstipasi secepatya untuk mencegah masalah lebih lanjut. Dilansir dari Health24, berikut sejumlah cara untuk meredakan konstipasi dan melancarkan buang air besar.

Berolahraga

Berolahraga bahkan secara ringan seperti berjalan bisa membuat tubuh memproses makanan lebih baik dan cepat. Menurut WebMD, semakin tinggi detak jantung, semakin banyak kontraksi di iklan yang akhirnya membuat tinja lebih cepat bergerak.

Hal ini juga membuat lebih sedikit waktu bagi air diserap usus. Walau begitu, jangan berolahraga langsung setelah makan. Pastikan ada jeda waktu dulu bagi tubuh untuk mencerna makanan.

Konsumsi Probiotik

Konsumsi bakteri baik yang berada di dalam probiotik bisa membantu kesehatan pencernaan. Mengonsumsinya secara teraut bisa sangat membantu mencegah terjadinya konstipasi.

Pastikan untuk mengonsumsi probiotik secara konsisten untuk mendapat manfaat ini. Beberapa makanan dan minuman yang memiliki kandungan ini adalah yogurt, kombucha, kimchi, serta makanan hasil fermentasi lainnya.

Berpuasa

Berpuasa dengan jeda makan selama 16 jam bisa membuat usus yang tidak bekerja secara optimal menjadi kembali bekerja dengan baik. Berpuasa ini bisa membuat sistem pencernaan beristirahat untuk sementara waktu.

Selain puasa sebagai ibadah, kamu juga bisa melakukannya berupa intermittent fasting. Hal ini bisa sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan usus.

Atur Jadwal Tidur

Kebanyakan atau kurang tidur sama-sama memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Hal ini juga dapat dialami pada kesehatan usus yang kamu miliki.

Penelitian mengungkap bahwa terdapat hubungan antara masalah pencernaan dengan ritme sirkadian tubuh. Oleh karena itu, mengatur dan menyesuaikan jadwal tidur bisa sangat membantu dalam mencegah masalah ini.

Sejumlah cara alami tersebut bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya konstipasi. Menerapkan gaya hidup sehat juga penting dilakukan agar tidak terjadi masalah pencernaan lebih lanjut.