Apple Bakal Memperkenalkan MacBook Berbasis ARM Pada 10 November

Iptek157 views

Inionline.id – Apple baru saja mengumumkan bahwa pihaknya akan menggelar acara bertajuk “One More Thing” yang terjadwal pada 10 November mendatang.

Melansir The Verge, acara ini akan memperkenalkan MacBook yang menggunakan CPU besutan Apple sendiri yang berbasis ARM. Akan ada tiga buah laptop, yakni satu model MacBook Air 13 inci dan dua model MacBook Pro masing-masing 13 dan 16 inci.

Acara ini mengusung judul “One More Thing” karena dalam waktu dekat Apple sudah memperkenalkan beberapa perangkat, mulai dari Apple Watch dan iPad pada September lalu, dan iPhone 12 series di bulan lalu.

Frasa “one more thing” dikenal sebagai momen kala iPhone X muncul pertama kalinya pada 2017 lalu, yang menandai generasi iPhone dengan fitur dan desain baru yang revolusioner.

CEO Apple Tim Cook memperkenalkan chipset berbasis ARM untuk MacBook sudah akan disematkan dalam waktu dekat, sehingga ajang ini diperkirakan adalah momen perkenalannya. Disebut juga kala itu, waktu transisi dari chipset sebelumnya yang dipasok Intel, ke chipset Apple, butuh waktu dua tahun.

Hal ini dilakukan Apple untuk membawa ekosistem software Apple jadi fleksibel dikembangkan oleh developer untuk berbagai platform Apple, karena basis chip yang serupa.

Performa Prosesor ARM Apple

Soal kinerja, Apple menjanjikan bahwa prossesor ini akan mengusung performa jauh lebih baik dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Hal ini didukung dengan arsitektur yang memudahkan pengembang untuk menulis dan mengoptimasi aplikasi di tiap perangkat Apple berbasis ARM.

Deretan aplikasi pro Apple di OS baru Mac yakni macOS Big Sur, disebut juga akan segera diperbarui untuk mendukung silikon baru Mac ini.

Tak cuma deretan aplikasi asli Apple, Microsoft dengan Office-nya, juga sedang mengerjakan pembaruan untuk mendukung silicon ARM ini.

Soal kinerja ini juga mendapatkan jaminan, mengingat terdapat laporan baru yang menyebut bahwa Apple pindah ke ARM karena kinerja Intel yang melambat.

ARM sendiri telah diuji Apple dan terbukti mendapatkan peningkatan performa secara signifikan.