Perda Penyelenggaraan Pesantren Menjadi Wadah Bagi Para Santri Untuk Memiliki Keterampilan Kontemporer

Politik157 views

Inionline.id – Pimpinan dan Anggota Panitia Khusus (Pansus VII) Raperda Penyelenggaraan Pesantren, melakukan kunjungan study ke Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Subulus Salam, Kota Tegal. (Rabu, 14/10/2020).

Ponpes Modern Muhammadiyah Subulus Salam merupakan Pondok Pesantren Modern yang dikelola oleh salah satu Ormas Islam terbesar di Indonesia, sehingga pada kesempatan kali ini hadir Pimpinan Muhammadiyah Kota Tegal untuk berdiskusi bersama Para Pimpinan dan Anggota Pansus VII.

Wakil Ketua Pansus VII DPRD Jabar, Tetep Abdulatip, mengatakan masukan dan catatan yang diberikan oleh Pimpinan Ponpes Subulus Salam bersama para pimpinan Muhammadiyah Kota Tegal sangat komperehensif dan beragam, dari mulai sinkronisasi antara Pesantren dan Pemerintah hingga hal teknis yang dapat menunjang kemakmuran Pesantren.

“Alhamdulillah pada hari ini kita berkesempatan berkunjung ke Pesantren Modern Muhammadiyah Subulus Salam, Alhamdulillah Muhammadiyah sebagai ormas yang cukup besar di Indonesia dapat memberikan saran dan masukan terhadap Perda ini, secara komperehensif dari mulai semangat termasuk juga hal hal yang sangat teknis terkait kehadiran pemerintah dalam aktifitas pesantren.” Ucapnya.

Tetep juga menambahkan hal yang diaanggap menjadi penting ialah bagaimana Perda Penyelenggaraan Pesantren ini, bisa menjadi wadah bagi para lulusan Pesantren memiliki ilmu dan keterampilan dibidang lain, menurutnya hal ini harus diaplikasikan dengan cara Pesantren harus bekerjasama dengan dunia usaha atau industri, Tetep juga menambahkan perlu adanya peran Pemerintah dalam memfasilitasi kerjasama antara Pesantren dan dunia industri agar para lulusan Pesantren juga memiliki latar belakang ilmu yang kontemporer.