Menteri Kesehatan Ceko Diganti Karena Melanggar Aturan Coron

Internasional057 views

Inionline.id – Presiden Ceko Milos Zeman mengganti Menteri Kesehatan Roman Prymula usai kedapatan melanggar aturan Corona. Seorang fotografer tabloid di Ceko memotret Prymula tengah keluar dari sebuah restoran yang seharusnya ditutup karena peraturan pembatasan penyebaran virus Corona.

Selain itu, Prymula juga tidak memakai masker saat masuk ke mobilnya dengan seorang pengemudi, menurut laporan harian Blesk.

Tindakannya menuai kritik dari para pengguna media sosial, oposisi, dan bahkan koalisi pemerintahan. Hal ini karena Republik Ceko mencatat angka infeksi COVID-19 terburuk di seluruh Eropa

Zeman menunjuk Jan Blatny sebagai Menteri Kesehatan Ceko yang baru. Hal itu disampaikan oleh juru bicara Presiden, Jiri Ovcacek dalam sebuah kicauan di Twitter.

Dari catatan AFP, Blatny adalah ahli hematologi anak. Selain itu, ia merupakan wakil kepala rumah sakit di Brno, kota terbesar kedua di Ceko. Meski begitu, Blatny sama sekali tidak punya pengalaman politik.

Diketahui, tingkat infeksi Corona di Ceko sebanyak 270 ribu kasus. Hal itu telah mengakibatkan 2.400 kematian sejak Maret.