Kickoff Program Ruang Belajar Online Bagi Dhuafa di Warung Bandrek Bondongan

Pendidikan357 views

Bogor, Inionline.id – Rabu (7/10) Pelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih terus dilakukan hingga sekarang. Para siswa mulai dari TK hingga kuliah harus belajar secara online untuk memutus rantai penularan Covid 19. Namun PJJ mengalami kendala mulai dari tidak semua para peserta didik memiliki smartphone, akses internet yang cukup. Alhasil banyak dari mereka yang akhirnya tidak dapat mengikuti PJJ.

Atas hal itu YBM PLN, PLN UP3 Bogor dan Jabar Bergerak Kota Bogor menginisiasi Ruang Belajar Online di wilayah Warung Bandrek RW 05, Kelurahan Bondongan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. Hadir dalam kegiatan Kickoff, Bima Arya selaku Wali Kota Bogor, Yane Ardian selaku Pembina Jabar Bergerak Kota Bogor, Yantie Rachim selaku Ketua Jabar Bergerak Kota Bogor, Gunawan selaku Manajer UP3 Bogor beserta jajaran, Salman Al Farisi selaku Deputi Direktur YBM PLN beserta jajaran dan Saban Deni selaku Ketua YBM PLN UP3 Bogor.

Warung Bandrek adalah salah satu wilayah yang ada di kelurahan Bondongan. Daerah ini menjadi lokasi pilot project kegiatan ruang belajar online karena banyak anak-anak disini yang membutuhkan bantuan untuk belajar secara online. YBM PLN dan PLN UP3 Bogor memberikan bantuan berupa 10 unit handphone, 10 meja belajar dan juga biaya operasional selama 6 bulan untuk ruang belajar online Warung Bandrek.

Dalam sambutannya Bima Arya mengungkapkan “Dampak Covid 19 bukan hanya pada kesehatan tapi pebih parah lagi yaitu kita the lost generation. Karena banyak anak-anak yang kesulitan untuk pembelajaran jarak jauh. Hal ini disebabkan ada yang tidak punya gawai, tidak ada akses internet, dan kesulitan guru dalam mendidik anak-anak melalui online. Ruang Belajar Online adalah terobosan yang baik, in syaa Allah kita akan membuat kelompok-kelompok belajar di beberapa wilayah lainnya yang bekerja sama dengan para donatur. Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada para donatur atas bantuan untuk ruang belajar online. Mudah-mudahan ikhtiar kita ini dimudahkan oleh Allah.”

Salman Al Farisi mengungkapkan “Tempat ini bukan hanya untuk belajar online, tapi anak-anak bisa bertemu dengan sesama temannya. Ada interaksi dengan satu dengan yang lainnya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Karena bermain dan berinteraksi antar anak-anak adalah kebutuhan mereka. Dan lokasi ini berada di dekat tempat tinggal mereka, jadi orang tua dapat mengontrol anak-anaknya.”

Sebelumnya YBM PLN juga telah menjejak manfaat di kampung Warung Bandrek RW 05 Kelurahan Bondongan yaitu program Bedah Rumah sebanyak 10 unit.