Dua Tips Penting Memilih Kartu MicroSD Untuk Smartphone

Iptek057 views

Inionline.id – Memori eksternal seperti microSD merupakan salah satu fitur penting dari smartphone Android. Terlebih lagi Anda dari awal sengaja untuk memilih storage kecil dan berniat memanfaatkan slot microSD untuk expandable storage.

Bayangkan, kalau misalnya hampir separuh dari kapasitas ROM ponsel Anda terpakai untuk sistem operasi dan separuh lainnya untuk aplikasi harian, bagaimana Anda bisa memasang gim favorit Anda, menyimpan foto beserta editannya, video, kiriman dari WhatsApp, ataupun file lainnya?

Atau, kalau Anda punya hobi memotret foto beresolusi tinggi dan merekam video 4K, mau tidak mau Anda memerlukan memori tambahan juga untuk menyimpan hasil karya Anda, kan?

Di sinilah kartu memori microSD memainkan perannya. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk membeli kartu memori microSD, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal ini. Berikut ulasannya.

2 Pertimbangan Memilih MicroSD

Kapasitas

Merdeka.com – Sebagai permulaan, sebaiknya Anda cari tahu, berapa kapasitas maksimal kartu memori eksternal yang didukung oleh smartphone Anda. Jangan sampai Anda telanjur membeli kartu memori yang kapasitasnya melebihi dukungan maksimum.

Beberapa ponsel kelas menengah hingga flagship terbaru sudah mendukung kartu memori berkapasitas 128GB, 256GB, 512GB, bahkan 1TB seperti Galaxy Note 20 Ultra.

Kebutuhan

Selain kapasitas, Anda juga mesti menentukan sejak awal, untuk apa kartu memori itu akan dipakai kelak. Apakah untuk menyimpan aplikasi?

Atau untuk mengambil foto dengan mode pengambilan kontinu (continuous/burst shooting)? Atau untuk merekam video 4K?

Asal Anda tahu saja, beberapa contoh aktivitas di atas idealnya menuntut spesifikasi kartu memori berbeda. Umumnya, pabrikan kartu memori menampilkan keterangan apakah produk mereka, misalnya, mendukung perekaman 4K.

Oleh sebab itu, Anda mesti memastikan apakah spesifikasi kartu memori yang Anda cari, sesuai dengan kebutuhan Anda.