DPR: Kunker Prabowo ke AS Sangat Dibutuhkan Demi Kerja Sama Alutsista

Politik057 views

Inionline.id – Anggota Komisi I DPR, Syaifullah Tamliha mengatakan, rencana Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berkunjung ke Amerika Serikat sangat dibutuhkan oleh kedua negara. Terutama dalam kerja sama Alutsista bagi Indonesia dan Amerika.

“Rencana kunjungan Menteri Prabowo Subianto ke Amerika Serikat merupakan kunjungan resmi kenegaraan atas undangan Menteri Pertahanan AS. Kehadiran Menhan RI ke AS sangat dibutuhkan oleh kedua negara, terutama untuk kerja sama di bidang Alutsista,” katanya, Kamis (15/10).

Menurutnya, Amerika sebagai salah satu produsen Alutsista memang sedang membutuhkan Indonesia. Sebab, selama ini Indonesia membeli Alutsista dari negara kawasan Eropa dan Rusia.

“Politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif membutuhkan keseimbangan pembelian dan investasi Alutsista dengan AS,” ucapnya.

Syaifullah pun menyayangkan bila kunjungan eks Danjen Kopassus itu ke negeri Paman Sam ditolak para aktivis HAM di Amerika. Dia menerangkan, senjata yang dipakai militer Indonesia bukan digunakan untuk melakukan pelanggaran HAM.

“Kami menyayangkan ada penolakan LSM atas kunjungan Menteri Prabowo ke AS, karena tidak pada tempatnya sejumlah pegiat HAM di Amerika untuk menolak Menhan RI, sebab jika terjadi deal kerja sama bidang Alutsista, maka senjata tersebut tidak akan digunakan militer Indonesia untuk pelanggaran HAM,” tuturnya.

Selain itu, Syaifullah menambahkan, Undang-Undang TNI yang ada sekarang lebih menjadikan TNI hanya berkutat di bidang pertahanan. Sementara, tugas keamanan ABRI di zaman orde baru telah diberikan kepada Kepolisian.

Syaifullah yakin, AS membutuhkan Indonesia dalam kerja sama Indo-Pasific, terutama mengantisipasi manuver Tiongkok di Laut Cina Selatan

“Indonesia memiliki daya tawar yang tinggi dalam konflik di Laut Cina Selatan, sebab negara sekutu AS Amerika, yakni Filipina dan Australia bisa terancam,” tukas politikus PPP ini.