Di Tengah Pandemi Pelajar Diminta Tetap Produktif

Pendidikan057 views

Inionline.id – Pandemi Covid-19 dinilai menghambat kegiatan belajar mengajar meski kini diterapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring. Namun, pelajar diminta tetap bisa produktif dalam belajar daring tersebut.

“Ayo jangan patah semangat di tengah pandemi, fokuskan pikiranmu untuk menjadi orang yang produktif dan jangan biarkan dirimu menjadi orang yang tertinggal sibuk sendiri tanpa manfaat,” ujar Anggota Komisi VI Edhie Baskoro Yudhoyono dalam acara Penyerahan Bantuan WiFi Gratis untuk sejumlah sekolah, pondok pesantren (ponpes), dan panti asuhan di Jawa Timur secara virtual, Selasa, 27 Oktober 2020.

Menurut dia, kegiatan belajar mengajar tanpa tatap muka antara guru dan siswa membuat proses pembelajaran tidak dapat terserap dengan baik. Dia meminta pelajar untuk tetap semangat belajar agar cita-citanya tercapai.

“Belajar tidak kenal tempat, belajar bisa di mana saja, karena harapan itu akan selalu ada, jika yakin dan percaya. Setuju ya,” ujar Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR itu.

Ibas berharap guru, tenaga pengajar, pengasuh, dan orang tua terus sabar, serta berikhtiar. Guru dan orang tua jangan sampai lelah mendidik anak dengan berbagai kondisi yang tidak mudah ini.

Partai Demokrat pun memberikan WiFi gratis untuk membantu pelajar menjalankan proses belajar jarak jauh. WiFI itu tersebar di 60 titik di daerah Pacitan, Trenggalek, Ponorogo, Magetan, dan Ngawi.

Ibas juga berjanji akan terus memperjuangkan dunia pendidikan agar lebih maju, bermutu, berkualitas, dan lebih sejahtera. Termasuk mendorong pemerintah agar terus membantu siswa dan guru.

“Saya tidak lelah untuk mengingatkan agar jalankan protokol kesehatan untuk diri kita, keluarga kita, dan lingkungan kita. Hormati orang tuamu, hormati gurumu, rajin belajar dan beribadah karena jika anak bangsa cerdas, maka bangsa Indonesia pun lebih berkualitas,” ujarnya.