Cara Mudah Membuat Rumah Tetap Nyaman Di Segala Cuaca

Inionline.id – Indonesia memiliki 2 musim, yakni hujan dan kemarau. Namun saat ini perubahan musim tidak begitu pasti. Terkadang musim panas bisa sangat panjang baru kemudian musim hujan atau bahkan sebaliknya. Tidak jarang bahkan saat musim panas namun hujan tiba-tiba muncul begitu saja.

Perubahan cuaca yang tidak menentu tersebut tentu berpengaruh besar pada kondisi rumah Anda. Tingkat kerusakan rumah akan semakin tinggi akibat kondisi cuaca yang tidak menentu. Hal ini tentu saja membuat Anda harus melakukan antisipasi dan langkah persiapan yang tepat.

Tujuannya agar rumah bisa bertahan dari segala cuaca, baik itu saat hujan maupun panas. Berikut ini adalah cara mudah yang bisa dilakukan untuk melindungi rumah dari perubahan cuaca.

1. Pasang Jendela Yang Tepat

1. Pasang jendela yang tepat

Pada musim hujan terkadang terjadi badai yang cukup kencang. Hal ini mengakibatkan rumah diterpa angin yang kencang. Jendela yang tidak kokoh akan rentan rusak dan membuat angin serta air hujan masuk ke dalam rumah. Masalah ini tentu membahayakan rumah Anda yang bisa berakibat pada masalah listrik bahkan melukai penghuni rumah.

Jika jendela rumah Anda sudah cukup lama dan rapuh, maka sebaiknya segera diganti. Pastikan juga jendela bisa tertutup dengan baik dan rapat. Selain itu jendela sebaiknya ditambah lapisan untuk insulasi. Tujuannya agar kondisi rumah tidak terlalu panas atau dingin.

2. Perbaiki Kebocoran Rumah

2. Perbaiki kebocoran rumah

Rumah yang bocor kerap kali menjadi sumber masuknya air pada musim hujan. Hal ini tentu berbahaya jika air yang masuk mengenai instalasi listrik di rumah Anda. Oleh karena itu segera perbaiki rumah yang bocor agar air tidak masuk ke dalam rumah.

Anda bisa melakukannya dengan mengganti atap atau melakukan penambalan. Dengan begitu air tidak masuk lagi ke dalam rumah.

3. Insulasi Yang Baik

3. Insulasi yang baik

Insulasi merupakan cara yang tepat untuk membuat rumah menjadi tetap hangat di musim dingin dan tidak terlalu panas di musim panas. Insulasi bekerja dengan menahan panas pada bagian rumah yang dipasang alat insulator. Anda bisa menggunakan cara ini agar tetap nyaman saat musim hujan maupun musim panas.

Bagian rumah yang dapat diinsulasi biasanya adalah atap, jendela, pintu, dan dinding rumah. Anda bisa menggunakan bahan insulator yang diaplikasikan pada bagian-bagian rumah tersebut.

4. Menjaga Suhu Ruangan Secara Ideal

4. Menjaga suhu ruangan secara ideal

Ada banyak cara untuk membuat suhu di dalam rumah tetap ideal. Mulai dari memasang pendingin udara seperti kipas angin hingga AC, atau memasang thermostat yang bisa mengatur suhu ruangan secara otomatis. Jadi Anda tidak perlu lagi mengubah pengaturan suhu ruangan terus menerus dengan keberadaan thermostat.

Namun penggunaan pendingin udara seperti AC tentu tidak baik jika digunakan setiap saat. Ada kemungkinan gangguan kesehatan yang muncul akibat penggunaan AC secara non stop. Oleh karena itu Anda perlu beralih pada metode lain. Misalnya memanfaatkan jendela, pintu, dan ventilasi udara agar udara segar bisa masuk. Cara ini bisa mengurangi penggunaan AC secara signifikan.

5. Menambah Penghangat Ruangan

5. Menambah penghangat ruangan

Ada kalanya cuaca yang dingin yang begitu ekstrim bisa terjadi. Hal ini tentu sulit untuk diprediksi, sehingga Anda harus melakukan langkah persiapan yang tepat. Salah satunya adalah penghangat ruangan. Anda bisa menggunakan penghangat ruangan saat cuaca dirasa terlalu dingin di dalam rumah. Anda dan keluarga pun tetap nyaman walau kondisi cuaca sangat dingin.