by

Brimob Dikerahkan Memburu WN China yang Kabur dari Lapas

Inionline.id – Personel Brimob Polda Metro Jaya turut diterjunkan untuk mengejar terpidana mati kasus narkoba asal China, Cai Chang Pan alias Cai Ji Fan yang kabur dari Lapas Klas I Tangerang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan personel Brimob itu dikerahkan lantaran area pengejaran Cai saat ini telah diperluas.

“Kita perluas pencarian dibackup oleh teman-teman Brimob Polda Metro Jaya bahkan kita memperluas lagi pencarian jejak ini ke daerah Desa Babakan, Pasir Madang, Pasar Rebo untuk melakukan pengejaran,” tuturnya kepada wartawan, Sabtu (3/10).

Sejauh ini, Cai diduga berada di wilayah Hutan Tenjo, Bogor. Cai disebut merupakan seorang mantan tentara Cina sehingga memiliki kemampuan survival atau bertahan hidup di alam liar.

Kata Yusri, Cai diduga cukup menguasai wilayah hutan tersebut, sebab dia kerap melakukan perburuan di hutan tersebut. Hal itu lantaran tempat tinggal Cai berada tak jauh dari lokasi itu.

“Sering melakukan kegiatan perburuan di dalam (hutan) jadi dia menghapal, dia hapal hutan tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan penuturan warga sekitar, Cai sempat terlihat keluar dari wilayah hutan untuk mencari makan. Namun, setelahnya Cai kembali masuk ke dalam hutan.

“Kita ketahui tidak akan mungkin dia bertahan kalau tidak mencari makan di dalam hutan. Memang dia sempat keluar di salah satu desa dekat situ untuk membeli makanan,” ucap Yusri.

Diketahui, Cai Chang Pan berhasil kabur dari Lapas Klas I Tangerang, Banten dengan cara menggali tanah kamar tahanannya pada 14 September lalu.

Berdasarkan hasil gelar perkara awal, dua sipir diduga terindikasi membantu pelarian Cai. Keduanya, disebut membantu Cai membelikan pompa air untuk menggali lubang dan mendapat imbalan Rp100 ribu.

“Ada indikasi sementara ini dua pegawai sipir ini melakukan kelalaian yang bisa dikenakan Pasal 426 KUHP,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Jumat (2/10).