Badai Mematikan Menerpa Prancis dan Italia, Dua Orang Tewas-Puluhan Hilang

Internasional257 views

Inionline.id – Badai mematikan menghantam wilayah Prancis dan Italia Utara. Akibat badai ini, dua orang dinyatakan tewas serta 30 orang lainnya menghilang.

Seperti dilansir AFP, Minggu (4/10/2020), badai tersebut terjadi di sisi Selatan Prancis dan sisi Utara Italia. Selain memakan korban tewas, badai tersebut juga menghancurkan jalan dan merusak jembatan serta ribuan rumah rusak tanpa listrik.

Hujan deras hingga 50 sentimeter (20 inci) dan angin kencang memang kerap menghantam daerah perbatasan antara kedua negara terseubt. Serangkaian badai kuat pun disebut terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Yang terbaru, badai mematikan yang biasa disebut Badai Alex meluncur ke pantai barat Prancis pada hari Kamis (1/10) membawa angin kencang dan hujan di seluruh negeri. Badai tersebut pun sempat pindah ke Italia bagian Utara.

Seperti dilaporkan oleh otoritas setempat, seorang petugas pemadam kebakaran sukarela tewas di Lembah Aosta Italia. Selain itu seorang pria lainnya juga tewas setelah mobilnya terhanyut di sungai Sesia di Italia atau sekitar 100 kilometer (60 mil) lebih jauh ke timur.

Delapan orang tercatat hilang di sekitar kota Nice di Prancis dan 22 lainnya di daerah perbatasan Italia.

“Anda juga dapat melihat beberapa rumah yang bertengger di atas kekosongan karena dasar sungai telah menyapu jalan,” kata juru bicara pemadam kebakaran.

Sementara itu, Perdana Menteri Prancis Jean Castex, yang memeriksa kerusakan di sekitar Nice dengan helikopter, mengatakan ada delapan orang yang secara resmi dinyatakan hilang tetapi lebih banyak lagi yang tidak dapat dihubungi.

“Saya tidak menyembunyikan dari Anda keprihatinan kami yang mendalam tentang hasil akhir dari episode ini,” katanya seraya menambahkan bahwa pemerintah telah mencetuskan rencana daruratnya untuk menangani bencana alam.

“Situasinya sangat parah di beberapa kota,” tambahnya.