by

Tito Meminta Pemda Bantu Sekolah Siapkan Kelengkapan Protokol Kesehatan

Inionline.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian meminta Pemerintah Daerah (Pemda) menyiapkan dana bantuan untuk sekolah. Sehingga sekolah di zona hijau dan kuning bisa melengkapi fasilitas dan kelengkapan protokol kesehatan adaptasi dalam memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru yang dibutuhkan untuk melengkapi pembelajaran tatap muka.

Pemerintah pusat telah mengalokasikan dukungan dan bantuan, sementara pemerintah daerah bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Pemerintah daerah dapat membantu membiayai pemenuhan kebutuhan sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka seperti sarana sanitasi dan kebersihan, pengukur suhu tubuh tembak, dan masker.

Selain itu, Mendagri juga meminta agar Pemda membantu sekolah dalam mengisi daftar periksa NSPK (Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria) bagi sekolah di zona hijau dan kuning yang akan menggelar pembelajaran tatap muka, sekaligus mengawasi implementasinya.

Hal tersebut, kata Tito, merupakan bagian dari Surat Keputusan Bersama (SKB) empat Menteri yang mesti dilaksankan. ”Pemda diimbau untuk memastikan dan mengawasi implementasi SKB di setiap sekolah,” kata Tito dalam siaran pers.

Lebih lanjut, Tito juga meminta sekolah memastikan bahwa data peserta didiknya sudah ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Sehingga bisa mendapatkan subsidi pulsa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Saya meminta Pemda untuk mengingatkan sekolah, memastikan pengisian nomor handphone siswa di Dapodik untuk menerima bantuan penyediaan kuota,” ujarnya.

Sebelumnya, Kemendikbud telah mengalokasikan Rp7,2 triliun untuk subsidi pulsa internet bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Untuk siswa mendapatkan subsidi pulsa internet sebesar 35 GB sementara guru 42 GB. Nantinya pulsa internet ini akan langsung masuk ke nomor siswa dan guru yang sudah terdaftar di Dapodik.