Sempat Tertunda, Dalam Waktu Dekat Pembicaraan Damai Afghanistan Akan Segera Berlangsung

Internasional157 views

Inionline.id – Pembicaraan damai yang telah lama tertunda antara Taliban dan negosiator pemerintah Afghanistan akan segera berlangsung. Pembicaraan damai ini dijadwalkan berlangsung pada Sabtu di Qatar.

Dilansir AFP, Jumat (11/9/2020) pembicaraan yang didukung AS ini awalnya dijadwalkan terjadi pada Maret lalu. Namun, terus tertunda di tengah perselisihan mengenai pertukaran tahanan yang termasuk pembebasan ratusan pejuang Taliban.

Kini pembicaraan disebut akan dimulai pada Sabtu, setelah upacara pembukaan di Doha. Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyebut, hal ini menjadi kesempatan yang bersejarah untuk mengakhiri perang.

“Awal pembicaraan ini menandai kesempatan bersejarah bagi Afghanistan untuk mengakhiri empat dekade perang dan pertumpahan darah,” kata Mike Pompeo dalam sebuah pernyataan.

“Kesempatan ini tidak boleh disia-siakan,” sambungnya.

Mantan kepala eksekutif Afghanistan Abdullah Abdullah, yang kini menjabat sebagai Dewan Tinggi untuk Rekonsiliasi Nasional (HCNR), dijadwalkan terbang ke Qatar pada hari Jumat. Dia menyebut, pembicaraan nantinya akan mengarah pada perdamaian dan diakhirinya perang.

“HCNR berharap setelah menunggu lama, pembicaraan akan mengarah pada perdamaian permanen & stabilitas & diakhirinya perang,” ujarnya di Twitter.