Banjir dan Longsor Menerjang Bogor, Sejumlah Warga Terluka-Rumah Rusak

Berita157 views

Inionline.id  Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kota dan Kabupaten Bogor pada Senin (21/9/2020) sore mengakibatkan bencana longsor di beberapa wilayah. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun beberapa orang dilaporkan mengalami luka dan beberapa rumah warga rusak.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Pranowo mengatakan longsor terjadi di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin. Material longsor sempat menutup jalan penghubung Kampung Cipare dan Kampung Leweung Larangan. Beberapa rumah juga dilaporkan mengalami kerusakan akibat diterjang longsor.

“Ada 7 orang luka-luka, 6 luka ringan dan 1 luka berat. Di titik ini juga ada 4 kendaraan roda 2 yang tertimbun longsor. 2 rumah rusak terkena longsor,” kata Budi, Selasa (22/9/2020).

“Kondisi terbaru saat ini jalan sudah terbuka kembali dan sudah bisa di lewati kendaraan roda empat maupun roda dua. 4 Sepeda motor tertimbun sudah dievakuasi,” tambahnya.

Bencana longsor juga terjadi di Kampung Muara 1 RT 01/01 Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Senin (21/9/2020). Hujan deras yang terjadi cukup lama, mengakibatkan meluapnya pertemuan Sungai Cianten dan Sungai Cisakati yang berada di wilayah kampung Muara 1.
Ketingian Air yang masuk ke pemukiman warga antara 30 centimeter hingga 100 centimeter.

Dalam kejadian tersebut, sebanyak 8 Rumah rusak dengan kondisi berat dan sedang, sebanyak 26 orang diungsikan sementara, dan fasilitas pesantren dan mushola terdampak.

“Ada 2 orang yang sempat terjebak banjir di Cibunian, atas nama Mamad (19) dan Ojat (46). Kedua orang itu sudah berhasil dievakuasi dan sudah dibawa ke rumahnya masing-masing. Kondisinya hanya syok,” ucap Budi.

Sementara itu, luapan sungai Cisadane juga mengakibatkan banjir lintasan di Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Di titik ini, dua rumah rusak berat dengan kondisi dinding jebol akibat dihantam banjir.

“Ada dua titik banjir lintasan yang dilaporkan sementara ini. Total ada 8 rumah yang terdampak. Kondisinya 2 rusak berat dengan kondisi dinding dapur jebol karena banjir di Kecamatan Bogor Tengah, dan 6 rumah lain di Bogor Selatan,” kata Kepala BPBD Kota Bogor Priatna.

“Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa, kondisi juga mulai kondusif, petugas masih ada di sekitar lokasi dan warga secara bersama-sama membersihkan sisa banjir,” ujarnya.