Aleg PKS Usulkan Ruang Isolasi OTG Tiap Kecamatan

Kesehatan357 views

Inionline.id – Anggota Komisi 4 DPRD Kota Bogor, Endah Purwanti, S.Pi, menyatakan, pemerintah harus mengambil langkah konkret. Salah satunya menyiapkan rumah khusus per kecamatan untuk isolasi mandiri.

“Misalnya, apabila ada klaster keluarga, kemudian mereka tidak memungkinkan melaksanakan isolasi mandiri di rumah. Nah, pemerintah harus mencarikan solusinya. Saya menyarankan agar pemkot,menyiapkan rumah khusus per kecamatan untuk isolasi mandiri” ucap Endah.

Menurut dia, hal itu bukan tanpa alasan, tetapi karena sejauh ini Pemkot Bogor hanya menyediakan ruang isolasi di RSUD Kota Bogor, yang jumlahnya terbatas. “Sedangkan wisma BNN di Lido juga belum jelas kapan bisa dipakainya. Lagipula tempatnya jauh,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Endah, saat ini RSUD sudah mulai kewalahan dengan membludaknya pasien Covid-19. “Jadi saran saya mesti ada langkah efektif untuk menangani Covid-19. Selain itu, seharusnya ketika ada yang positif mereka membuat laporan ke gugus tugas. Namun dalam kenyataannya, saya pribadi lebih dari lima kalimengevakuasi serta mengadvokasi orang yang positif ke RSUD”, ucapnya.

Seperti diketahui, melonjaknya penderita Covid-19 di Kota Bogor, membuat RSUD Kota Bogor sedikit kewalahan. Pasalnya, hingga Selasa (1/9) terdapat 82 pasien yang dirawat di rumah sakit pelat merah itu.
Ditektur Utama RSUD, dr. Ilham Chaidir mengatakan, melonjaknya jumlah pasien membuat pihaknya terpaksa melakukan penambahan tenaga perawat dari poli lain untuk menangani Covid-19.

“Saat ini ada 200 perawat yang menangani pasien corona, dalam waktu dekat kami akan tambah 12 orang. Saat ini mereka sedang dilatih untuk menggunakan dan melepas Alat Pelindung Diri (APD) serta penerapan SOP perawatan,” ujar Ilham.