Seorang Pengusaha Rusia Diselidiki Terkait Ledakan Dahsyat di Lebanon

Berita057 views

Inionline.id – Otoritas Siprus sedang menginterogasi seorang pria Rusia yang disebut sebagai pemilik kapal yang membawa kargo amonium nitrat yang ditinggalkan di Beirut, Lebanon. Amonium nitrat ini diduga sebagai penyebab ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon.

Seperti dilansir dari Reuters, Jumat (7/8/2020) seorang juru bicara kepolisian Siprus mengatakan seorang pria, yang tidak disebutkan namanya, diinterogasi di rumahnya di Siprus pada Kamis (6/8) sore.

“Ada permintaan dari Interpol Beirut untuk mencari orang ini dan mengajukan pertanyaan tertentu terkait kargo itu,” kata juru bicara Christos Andreou kepada Reuters. Dia mengatakan hasil interogasi itu diteruskan ke Beirut.

Dia menolak memberikan informasi lebih lanjut. Sumber keamanan yang enggan menyebut nama, mengatakan pria itu adalah pengusaha Rusia, Igor Grechushkin (43).

Upaya untuk menghubungi Grechushkin tidak berhasil.

Sementara itu, Boris Prokoshev, yang adalah kapten Rhosus pada 2013, mengatakan bahan kimia itu berakhir di Beirut setelah pemilik kapal – yang ia identifikasi sebagai Grechushkin – menyuruhnya membuat pemberhentian yang tidak dijadwalkan di Lebanon untuk mengambil kargo tambahan.

Bahan kimia, yang telah disimpan di pelabuhan Beirut selama bertahun-tahun itu, meledak pada hari Selasa (4/8).