Puskesmas Pondok Rumput Aktif Kampanyekan AKB

Kesehatan357 views

BOGOR, Inionline.id – Puskesmas Pondok Rumput, Kecamatan Tanah Sareal melakukan edukasi dan sosialisasi tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) kepada masyarakat Kelurahan Kebon Pedes. Kegiatan dilakulan dengan turun ke wilayah binaan dengan membagikan masker kain dan sosialisasi tentang pentingnya disiplin melaksanakan protokol kesehatan di era pandemi Covid-19.

Menurut Dr Karunia, Kepala Puskesmas Pondok Rumput, masyarakat mulai longgar menerapkan disiplin protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Masyarakat berkerumum tidak berjarak dan tidak mengenakan masker, menjadi pemandangan yang jamak ditemukan.

Sementara itu, pertumbuhan kasus positif Covid-19 akhir-akhir ini meningkat signifikan. Yang menonjol adalah bermunculannya cluster keluarga yang terjadi di beberapa wilayah.

“Perlu kerja sama antara pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat dalam rangka mensukseskan adaptasi kebiasaan baru. Pemerintah telah berupaya merumuskan berbagai kebijakan dan peraturan agar adaptasi kebiasaan baru berdampak signifikan terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid-19”, jelas Dr Karunia.

Karunia menambahkan, masyarakat perlu berpartisipasi aktif dengan mengingatkan antar sesama agar setiap individu masyarakat memiliki tanggung jawab menjalankannya.

“Disiplin pakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan serta memperhatikan nutrisi makanan dan menjaga stamina tubuh adalah vaksin mandiri setiap individu masyarakat guna mencegah penularan covid-19” pungkas Dr Karunia.