Melihat Pameran Properti Virtual Khusus Rumah Subsidi

Inionline.id – PPDPP menyelenggarakan pameran properti khusus rumah bersubsidi secara virtual pada 25-29 Agustus. Tinggginya minat masyarakat terhadap perumahn bersubsidi membuat pameran virtual dilaksanakan sebagai penerapan normal baru terkait pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 membuat banyak kegiatan harus dilakukan secara virtual menggunakan teknologi online. Kalangan pengembang juga sangat responsif dengan mengembangkan digital marketing sehingga proses melihat produk properti, booking, hingga pemilihan unit bisa dilakukan secara virtual.

Perkembangan ini juga membuat penyelenggaraan pameran properti yang biasanya rutin dilakukan 3-4 kali setahun menjadi sebuah ajang pameran virtual. Lembaga penyalur KPR subsidi fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengadakan pameran virtual khusus perumahan bersubsidi pada 25-29 Agustus 2020.

Pameran perumahan bersubsidi yang disebut pertama kali diselenggarakan ini akan dibuka oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono secara on venue dengan melibatkan 13 bank pelaksana penyalur KPR FLPP dan 170 pengembang perumahan bersubsidi yang akan menampilkan rumah di berbagai wilayah Indonesia. Pameran ini juga merupakan bagian dari peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) tahun 2020.

Saat acara pembukaan pameran virtual perumahan subsidi, akan dilaksanakan juga akad kredit masal sebanyak 16.180 debitur FLPP dan program subsidi selisih bunga (SSB) secara live via Zoom dan Youtube PPDPP. Selain itu ada juga akad kredit masal KPR Sejahtera sebanyak 9.621 dari 144 lokasi di seluruh Indonesia.

Menurut Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin, pameran virtual ini diselenggarakan sebagai respon pemberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sehingga masyarakat bisa tetap melihat produk-produk rumah yang dibutuhkannya tanpa perlu ke tempat keramaian pameran.

“Masyarakat bisa tetap  melihat rumah idamannya dengan lebih aman cukup dengan mengakses link pameran kami. Manfaatkan juga 13 bank pelaksana yang akan menyalurkan KPR subsidi yaitu Bank BTN, BTN Syariah, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, BRI Syariah, Bank BJB, Bank Jatim Syariah, Bank Kalsel Syariah, Bank Sumsel Babel, Bank Sulteng, Bank Riau Kepri, dan Bank NTB Syariah,” ujarnya.

Di ajang pameran virtual ini, masyarakat bisa mendapatkan akses dan informasi mengenai pembiayaan perumahan hingga rumah bersubsidi yang masih ready stock (siap huni). Pameran virtual ini juga berkesinambungan dengan aplikasi teknologi yang dikembangkan PPDPP yaitu Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep).

Kegiatan pameran virtual ini juga akan diramaikan dengan rangkaian diskusi webinar dengan mengangkat tema 1 Dekade FLPP. Setiap hari akan ada diskusi dengan tema yang berbeda khususnya yang membahas serba-serbi pembiayaan, dinamika pembiayaan perumahan, hingga tip bagaimana mencari rumah bersubsidi. Narasumber yang dihadirkan dari kalangan pengembang, pemerintah, perbankan, hingga pengamat.

“Minat masyarakat terhadap rumah bersubsidi sangat besar. Berdasarkan data yang masuk dalam aplikasi SiKasep sudah mencapai 209.093 calon debitur, 84.610 debitur sudah dinyatakan lolos subsidi checking, 9.988 calon debitur sudah dalam proses verifikasi bank, dan 529 calon debitur sudah dalam tahap pengajuan dana FLPP,” imbuh Arief.