MAHASISWA STIE DEWANTARA BAGIKAN 100 PAKET SEMBAKO KEPADA WARGA KAUMPANDAK CIBINONG DARI GALANG DANA MANDIRI

Reporter: Anne Anisa
Editor: Ratnasari

Bogor – Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dewantara menggelar program Pengabdian Masyarakat di kampung Kaumpandak, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu (16/08/2020). Program tersebut berupa pembagian 100 paket sembako untuk warga sekitar.

Acara yang telah dipersiapkan selama kurang dari sebulan oleh mahasiswa Kelas Eksekutif 30B STIE Dewantara ini berjalan dengan sangat lancar. Sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19, pembagian sembako dibagi menjadi tiga sesi untuk menghindari kerumunan orang.

Perwakilan dari kampus STIE Dewantara Zeze Zakaria Hamzah menjelaskan bahwa program ini sebagai wujud pelaksanaan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ia menjelaskan bahwa Tri Dharma Perguruan Tinggi mencakup pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat yang wajib dilakukan oleh dosen dan mahasiswa yang turut serta di dalamnya.

Zeze menerangkan bahwa program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh kelas Eksekutif 30B ini adalah salah satu mata kuliah Ilmu Budaya Dasar.

“Agar kegiatan mahasiswa berjalan lancar, maka kita gabungkan dengan mata kuliah ilmu budaya dasar,” tuturnya.

Kebijakan yang telah dijalankan selama dua tahun tersebut membuat beliau kaget lantaran semangat mahasiswa yang dianggapnya lebih besar ketimbang pelaksanaan sebelumnya yang hanya melibatkan dosen. Zeze mengapresiasi mahasiswa kelas Eksekutif 30B atas terselenggaranya acara dengan baik. Harapannya, para mahasiswa tersebut tetap bisa bergabung dalam kegiatan serupa kendati sudah jadi alumni nantinya.

Ketua pelaksana Salsa Adinda Rahmadanty mengungkapkan bahwa dana kegiatan didapatkan dengan membuka donasi di media sosisal. Pembukaan donasi terpublikasi dengan sertaan hashtag #DewantaraPeduliCovid-19. Berkat pembukaan donasi tersebut. Salsa dan kawan-kawan berhasil mengumpulkan dana kurang lebih senilai Rp 15.000.000. Tak hanya dari itu, Salsa dan kawan-kawan juga mendapatkan dana dari beberapa sponsor acara.

Dana tersebut digunakan untuk membeli sembako, vitamin, dan masker. Paket sembako yang dibagikan oleh mahasiswa STIE Dewantara sebanyak 100 paket untuk warga Kampung Kaumpandak, Cibinong. Untuk sistem pembagian dan pemilihan warga yang berhak menerima bantuan, para mahasiswa STIE Dewantara dibantu oleh ketua RT 02 RW 03, Kampung Kaumpandak.
Sebelum penutupan acara, pihak kampus STIE Dewantara juga sempat meninjau lingkungan sekitar. Mereka mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

 


Ketua RT setempat Didi mengungkapkan bahwa Ia merasa terhormat karena para mahasiswa bersedia datang ke kampungnya.

Meskipun tak seluruh warganya mendapatkan bantuan, Ia tetap berterima kasih atas apa yang diberikan oleh STIE Dewantara. Pada akhir kesempatan berbincang, Ia juga mengungkapkan harapannya untuk STIE Dewantara.

“Mudah-mudahan bisa terus memperhatikan masyarakat banyak walaupun dimana itu adanya,” harapannya.