Ini Kelebihannya Membeli Rumah Ready Stock

Inionline.id – Ada berbagai cara membeli rumah mulai saat masih berupa brosur (indent) atau produk yang sudah jadi (ready stock). Ada beberapa kelebihan membeli rumah ready stock dibandingkan saat indent seperti yang ditawarkan oleh Paramount Land.

Pengembang kerap memasarkan produknya saat masih berupa gambar dengan iming-iming harga perdana. Konsumen dirangsang untuk membeli saat periode early bird ini dengan harapan harganya akan terus meningkat seiring progres penjualan maupun pembangunan proyeknya.

Selain barang indent seperti ini, pengembang juga kerap menawarkan produk properti yang sudah jadi alias ready stock. Saat pelemahan bisnis properti ditambah dengan berbagai kendala karena pandemi Covid-19, penjualan unit ready stock semakin banyak dicari khususnya bagi kalangan konsumen pengguna (end user).

Menurut M. Nawawi, Associate Director Paramount Land, pengembang township Paramount Serpong di Gading Serpong, Tangerang, Banten, ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dengan membeli unit ready stock seperti bisa langsung dihuni hingga lebih mudah mendapatkan pembiaan KPR karena barangnya sudah ada.

“Situasi saat ini menjadi lebih untung lagi kalau membeli produk ready stock karena bisnis properti yang melemah beberapa tahun terakhir kenaikan harganya juga cenderung stagnan. Pengembang belum akan meluncurkan produk baru dalam situasi ini sehingga lebih berkonsentrasi menjual barang stok,” ujarnya.

Beberapa kelebihan lain yang bisa didapatkan, pengembang akan memberikan banyak gimmick untuk menjual produk stoknya. Kalau saat memasarkan produk indent yang diutamakan adalah harga perdana dan kemudahan cicilan panjang (karena produknya belum ada), untuk unit yang ready stock maka gimmick yang diberikan berupa added value yang melekat pada bangunan.

Pengembang umumnya akan memberikan berbagai kelengkapan supaya konsumen yang membeli bisa langsung menempati rumahnya tanpa keluar biaya lagi. Misalnya, harga jual sudah termasuk produk elektronik ataupun furnitur (fully furnished), kanopi, gratis iuran pengelolaan lingkungan (IPL) mencapai 1-2 tahun pertama, gratis internet, hingga pembebasan biaya-biaya pajaknya.

Pada akhirnya uang yang dibayarkan oleh konsumen menjadi lebih optimal dan sudah mencakup semua hal. Kita juga bisa memanfaatkan berbagai promo yang diberikan bank misalnya dengan depe ringan hingga promo bunga rendah sehingga biaya awal untuk membeli rumah ready stock ini menjadi lebih ringan lagi.

“Dalam meluncurkan sebuah produk baru, developer biasanya akan menurunkan margin penjualannya kalau produknya sudah terserap 50 persen. Jadi konsumen bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari added value berupa tambahan-tambahan untuk rumahnya yang bisa langsung dihuni,” imbuh Nawawi.