HUT RI di Masa Pandemi, Menteri Sosial: Terbukti Kita Bangsa Pejuang

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Menteri Sosial Juliari P. Batubara dan pejabat Eselon I Kemensos mengikuti ‘Upacara Peringatan dan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75’ secara virtual dari kantor Kemensos. Ia menyatakan semangat kemerdekaan dari para pahlawan sangat relevan diteladani dan diimplementasikan di masa pandemi saat ini.

Juliari yang mengenakan baju adat Melayu mengatakan bila dulu para pahlawan berjuang melawan musuh bersenjata, sekarang kita melawan pandemi dengan segala dampak yang ditimbulkannya.

“Terbukti kita adalah bangsa pejuang. Para petugas kesehatan dan relawan berada di garda depan bertarung melawan virus dan membantu para pasien, dan para ilmuwan bekerja siang malam menemukan vaksin dan obatnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (18/8/2020).

“Jadikan hari kemerdekaan ini sebagai momentum untuk bangkit. Jaga semangat, keyakinan, dan tetap optimistis menatap masa depan,” imbuhnya.

Ia juga meminta masyarakat menunjukkan semangat perjuangannya, dengan bekerja sama, bergotong royong, berempati terhadap sesama, termasuk dengan menunjukkan disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan.

“Di antaranya dengan mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo, mari jadikan krisis ini sebagai momen untuk bangkit. Krisis jangan melemahkan kita. Namun jadikan krisis ini sebagai momentum untuk melakukan transformasi dan lompatan besar,” katanya.

Sebagai informasi, hadir mendampingi Mensos, Sekjen Hartono Laras, Irjen Dadang Iskandar; Dirjen Rehsos Harry Hikmat, Dirjen Linjamsos Pepen Nazaruddin; SAM Bidang Teknologi Kessos, Andi ZA Dulung; dan SKM Bidang Hubungan Antar Lembaga Erwin Tobing.

Sebelum pelaksanaan upacara secara daring diselenggarakan, Juliari mengendarai sepeda santai dari kediaman pribadi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menuju kantor Kemensos di Jakarta Pusat.

Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU), Kalibata, Jakarta, pukul 00.00 Senin (17/8/2020).

Presiden selaku Inspektur Upacara menyampaikan penghormatan tertinggi kepada pahlawan yang telah mengabdi dan mengorbankan jiwa raga untuk membela Tanah Air. Acara juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, didampingi oleh Menteri Sosial Juliari P. Batubara dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju serta pejabat terkait.