Tiba-Tiba Mengalami Sakit Pinggang, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Kesehatan057 views

Inionline.id – Banyak orang terutama usia dewasa kerap kali tiba-tiba mengalami munculnya sakit pinggang. Hal ini bisa sangat menganggu aktivitas dan membuatnya jadi tak nyaman.

Jika tiba-tiba mengalami sakit pinggang, segeralah tidur dengan posisi melintang atau telentang karena posisi ini paling ringan membebani tulang belakang, menurut dokter spesialis bedah orthopedi & traumatologi di RS Pondok Indah – Puri Indah, Muki Partono.

“Carilah alas keras, biasanya (nyeri akan berkurang),” terangnya beberapa waktu lalu, dilansir dari Antara.

Cara lainnya, tekuklah lutut atau taruhlah bantal di bawah lutut. Jika nyeri pinggang menjalar hingga ke kani kanan, segeralah tidur dalam posisi miring ke kiri dengan kaki sedikit menekuk.

“Jika nyeri pinggang sampai ke kaki kanan, langsung tidur miring ke kiri dengan kaki sedikit menekuk, itu pertolongan pertama, lalu minum obat analegsik yang biasanya dijual di warung,” kata Muki.

Kamu juga bisa mengenakan korset untuk mengurangi rasa nyeri pinggang yang tiba-tiba muncul itu. Perhatikan aktivitas sehari-hari kamu apakah terlalu banyak memberikan beban pada tulang belakang, seperti sering melakukan gerakan membungkuk atau bahkan sekedar duduk.

Muki menyarankan orang-orang tidak melakukan duduk lebih dari empat jam terus menerus terutama di masa bekerja dari rumah pada masa adaptasi kebiasaan baru saat ini dan mengurangi gerakan membungkuk terlalu sering.

“Jangan duduk lama, bikin timer sejam sekali, tidak boleh lebih dari empat jam duduk, rebahan lima menit lebih bagus nanti mulai bekerja lagi. Usahakan kurangi gerakan membungkuk yang lama,” tandasnya.