Simalakama Sukamakmur, Pencetak Atlet Berprestasi Tapi Tidak Punya Fasilitas Olahraga

Olahraga157 views

Sukamakmur, Inionline.Id – Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Mochamad Ichsan Maoludin yang berasal dari daerah pemilihan Jabar VI (Kabupaten Bogor) mendapat aspirasi yang cukup menohok jika didengar langsung oleh pemerintah Kabupaten Bogor dari masyarakat Desa Sukamakmur saat menggelar reses III tahun sidang 2019-2020 pada Rabu (08/07/2020).

Melalui Sekretaris Desa Sukamakmur yaitu Ahmad Sukirman mengatakan bahwa Desa Sukamakmur adalah pencetak atlet berprestasi hingga kelas asia dari cabang catur, serta bulutangkis dan pelari hingga tingkat nasional.

“Sukamakmur ini ibukota kecamatan, tapi mirisnya untuk sekelas ibukota kecamatan kami itu tidak punya yang namanya lapangan sepakbola, tidak punya tempat bagaimana aktifitas masyarakat khususnya para pemuda yang memiliki potensi untuk dikembangkan misalnya gelanggang olahraga masyarakat,” tutur Ahmad.

Dirinya mengaku sudah beberapa kali mengusulkan hal tersebut, masyarakat pun sudah menantikan dan siap, lahan pun sudah tersedia, kemudian secara de facto dan de jure semua sudah siap.

“Yang menjadi masalah adalah pemerintah daerah dan mungkin juga pemerintah provinsi tidak peka, tidak ada anggaran, atau seperti apa saat ini intinya tidak ada,” tegas Ahmad.

Lanjut, “untuk sekelas kecamatan hingga lapangan sepakbola saja tidak ada, miris, sedangkan yang di pinggir-pinggir ada, maka oleh karena itu mungkin ini adalah prioritas kedua yang kami sampaikan kepada pak dewan,” ungkap Ahmad.

Ichsan menanggapi aspirasi tersebut dengan menjelaskan bahwa untuk tingkat provinsi Jawa Barat terdapat program bantuan dengan nama Vokasi yang terkait dengan keahlian.

“Keahlian yang dimaksud adalah, didalamnya pun bisa dalam bidang olahraga, informasi dari masyarakat di sini, banyak potensi-potensi remaja yang berprestasi, untuk lahan pun desa ini sudah siap, jadi bagaimana bisa membangun lahan tersebut menjadi pusat kegiatan olahraga, karena dari situ akan menstimulan para remaja untuk berprestasi lebih baik lagi,” tutup Ichsan. (JC)