Siapkan Kejutan Di Lomba Bogorku Bersih, Ciwarangers Punya Senjata Rahasia Menangkan Kompetisi

Antar Daerah057 views

Bogor, Inionline.Id – Sekelompok pemuda kreatif yang menamakan dirinya Ciwarangers dari RT 04/06, Kelurahan Ciwaringin, Kota Bogor siap memberikan kejutan bagi lomba Bogorku Bersih 2020 yang segera diadakan di kota hujan.

Pasalnya mereka telah menyiapkan senjata rahasia yang salah satunya adalah dewan penasihat Ciwarangers yaitu Iwan Suryawan yang merupakan tokoh senior dalam percaturan lomba kemasyarakatan di Kota Bogor. Anggota DPRD Jawa Barat ini diyakini memiliki peran yang besar dalam mendukung kegiatan sosial Ciwarangers selama ini.

Aris selaku ketua Ciwarangers mengatakan bahwa dirinya telah berkoordinasi dengan Iwan Suryawan bahwa warga RT 04/10, Kelurahan Ciwaringin bersama Ciwarangers akan mengikuti lomba bogorku bersih 2020.

“Setelah saya, ketua rt dan beberapa warga menyampaikan detail dari lomba bogorku bersih 2020 pak iwan sangat mensuport kita untuk mengikuti lomba tersebut. Dan menyampaikan, Ciwarangers agar membantu ketua rt dan warga. Kebetulan 2 tahun berturut-turut kemarin kita hanya masuk nominasi 9 besar. Pak iwan juga menyampaikan agar meneruskan yang sudah ada dan sedikit menambahkan inovasi baru untuk wilayah kita. Seperti kolam ikan di samping-samping gang,” ujar Aris.

Diskusi anggota DPRD Jawa Barat (Iwan Suryawan) bersama warga RT 04 Ciwaringin, Bogor, membahas persiapan lingkungan mengikuti lomba Bogorku bersih 2020.

Menurut Aris, lomba bogorku bersih memiliki ketentuan tentang protokol kesehatan juga, Ciwarangers punya konsep membuat hand sanitizer alami dari daun sirih jadi kita menyampaikan ke warga juga agar nantinya setiap rumah menyediakan hand sanitizer tersebut. “Setelah kita menyampaikan konsep tersebut pak iwan menambahkan ide agar membuat lomba kebersihan kecil di wilayah kita untuk setiap rumah dan akan ada reward untuk rumah yang benar-benar masuk kategori,” tutur Aris.

Iwan Suryawan yang juga tergabung di Komisi V DPRD provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa dirinya telah memotivasi warga RT 04 dan Ciwarangers agar menjadikan lomba ini sebagai trigger.

“Yang paling utama adalah menjadikan perilaku hidup bersih dan sehat serta menjaga lingkungan kebersihan itu ada di semua warga sehingga menjadi perilaku hidup sehari-hari,” imbuh Iwan.

Konsep dasarnya adalah bukan membuat yang baru tetapi meningkatkan yang sudah ada dari tahun ke tahun, seperti renovasi yang menjadikan beberapa spot di RT 04 lebih indah dan asri.

Salah satu spot yang disiapkan oleh CIwarangers untuk lomba Bogorku Bersih 2020.

“Kami juga meningkatkan tanaman untuk ketahanan pangan, untuk penanganan Covid-19 juga ada, jadi semua kita padukan dalam tema Covid itu, satu hal yang dianggap sebagai terobosan yang kemarin saya usulkan adalah menempel satu keluarga yang dianggap rumahnya bersih dan asri, jadi seperti di perusahaan atau di toko maka mereka diumumkan sebagai keluarga terbaik bulan Juli, kira-kira seperti itu bentuk rewardnya,” pungkas Iwan.

Dirinya pun secara khusus ingin agar energi positif Ciwarangers ini disebarkan keluar lingkungan RT 04, seperti melanjutkan sejarah yang sudah ada ketika dimana mereka pernah bekerjasama dengan PAUD dan karang taruna kelurahan membuat suatu lomba, hal itulah yang akan digiatkan pada masa-masa yang akan datang. (JC)