Karena Cederanya Marquez, Rossi Prediksikan Peluang Juara bagi Dua Rider Ini

Inionline.id – Valentino Rossi percaya peta persaingan gelar juara MotoGP bisa berubah karena cederanya Marc Marquez. Fabio Quartararo dan Maverick Vinales punya kans besar.

Kecelakaan hebat di MotoGP Spanyol memaksa Marquez retired dan menjalani operasi. Belum diketahui berapa lama Marquez akan absen namun pebalap Repsol Honda itu diprediksi masih akan menepi di seri Andalusia, akhir pekan nanti.

Situasi semakin tidak menguntungkan bagi Marquez. Pasalnya akibat pandemi virus corona MotoGP 2020 hanya akan menyelenggarakan 13 balapan saja, itupun sebagian besar dilangsungkan dalam jeda yang pendek.

Rossi menganalisis, akan sulit bagi Marquez untuk mempertahankan gelar juara dunianya apabila terlalu lama absen. Quartararo dan Vinales memperlihatkan performa setelah berhasil finis 1-2 di Jerez.

Namun demikian, Valentino Rossi enggan mengesampingkan Andrea Dovizioso, runner-up tiga musim beruntun. Sekalipun Dovizioso berjarak hampir enam detik dari Quartararo untuk naik podium ketiga.

“Kupikir apa yang kita saksikan di tes juga apa yang kita saksikan di balapan; saat ini Marquez, Quartararo, dan Vinales adalah pebalap tercepat,” kata Rossi di Crash. “Mereka membalap dengan lebih baik dan kecepatan mereka di level yang berbeda.”

“Sekarang tergantung sih, kita perlu memahami apa yang terjadi dengan Marquez dan seberapa lama dia butuh memulihkan diri, karena kejuaraannya kan pendek, dan balapan-balapannya digelar beruntun.”

“Ini bisa menjadi sebuah kesempatan yang bagus [untuk Quartararo dan Vinales]. Namun, aku juga tidak ingin mencoret Dovizioso, karena di setiap lintasan itu ceritanya akan lain dan di musim ini kita memiliki banyak lintasan yang bagus untuk Ducati,” simpul Valentino Rossi.