Jabar Sambut Kebangkitan Investasi di Tengah Pandemi

Ekonomi057 views

KAB. SUBANG, Inionline.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyambut baik groundbreaking pembangunan pabrik PT Meiloon Technology Indonesia di Taifa Industrial Estate, Kab. Subang, Selasa (21/7/20).

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– mengatakan, pembangunan pabrik tersebut menjadi momentum kebangkitan perekonomian Jabar, khususnya di bidang investasi, di tengah pandemi COVID-19.

“Ini menunjukkan bahwa optimisme dan rasa percaya investor kepada Jawa Barat itu sangat tinggi,” kata Kang Emil. “Karena itu, kepada investor-investor lain, silahkan ikuti jejak langkah dari PT Meiloon Technology ini, untuk segera datang ke Jawa Barat, ke Kabupaten Subang khususnya,” imbuhnya.

Iklim investasi yang baik, kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, dan infrastruktur yang akseptabel membuat Jabar menjadi destinasi menarik bagi investor. Selain itu, kata Kang Emil, pihaknya menjamin kemudahan perizinan.

“Kita akan fasilitasi secara maksimal dari pusat sampai ke daerah. COVID-19 ini terus kami lawan, tapi ekonomi juga terus kami buka (secara bertahap),” katanya.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengapresiasi langkah proaktif Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar. Menurut ia, percepatan perizinan yang dilakukan secara kolaboratif dapat menarik investor.

“Investasi ini izinnya diselesaikan dalam waktu satu bulan. Ini adalah contoh konkret di mana kolaborasi antara Pemda Kabupaten, provinsi, dan pusat ini tidak bertele-tele,” kata Bahlil. “Ini contoh untuk disampaikan ke publik bahwa Indonesia sekarang sudah berubah dalam menarik investor,” tambahnya.

Investasi PT Meiloon Technology Indonesia sendiri menyerap sekitar 3.000 hingga 4.000 tenaga kerja dari Kabupaten Subang.