Banyak Siswa SMP yang Masih Terjebak dengan Istilah SMA Favorit

Pendidikan057 views

Inionline.id – Dirjen Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Wikan Sakarinto menyebut, banyak siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang masih terjebak dengan istilah SMA Favorit. Padahal melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu alternatif yang baik untuk masa depan siswa.

“Mereka bertanding-tanding ke SMA favorit. Padahal nanti kan dunia kerja bukan dari favorit-favorit itu. Melainkan lulusan yang bisa berjalan ke dunia industri lebih cepat,” kata Wikan dalam Diskusi Daring, Sabtu, 11 Juli 2020.

Misalnya, kata Wikan, pihaknya kini tengah berupaya agar lulusan SMK bisa setara pendidikan D3. Sehingga hanya butuh waktu satu tahun untuk mendapat gelar D4 di pendidikan tinggi vokasi.

“Ini menjadi salah satu fleksibilitas di dunia vokasi, yang membuat anak SMP mau masuk vokasi,” ungkap Wikan.

Namun Wikan tak ingin siswa SMP masuk vokasi juga karena terpaksa, hanya karena tidak bisa menembus SMA. Masuk SMK haruslah sesuai denganĀ passion.

“Ini kan produknya manusia. Maka harus denganĀ passion, jangan ikut-ikutan. Karena di vokasi belajar dengan cinta,” lanjut dia.