by

Apel Bisa Menjadi Buah Ajaib yang Atasi Diare dan Konstipasi

Inionline.id – Selama ini, apel identik dengan buah sehat yang memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Jika didaftar, manfaat kesehatan yang muncul dari konsumsi apel ini bisa sangat luar biasa.

Apel memiliki kandungan kalori yang sangat rendah di dalamnya. Hal ini membuatnya sangat baik untuk menurunkan risiko diabetes, menurunkan berat badan, serta bisa melindungi jantung.

Apel juga bisa memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan pencernaan. Menariknya, masalah kesehatan yang bisa diatasi sungguh sangat berkebalikan yaitu diare dan konstipasi.

Dilansir dari Times of India, diketahui bahwa mengonsumsi apel dengan cara yang berbeda ini bisa memiliki dua manfaat berbeda. Ketika dikonsumsi tanpa kulit, apel bisa bermanfaat untuk diare sedangkan ketika dikonsumsi dengan kulit, apel bisa mengatasi konstipasi.

Apel memiliki kandungan serat larut dan tak larut di dalamnya. Terdapat setidaknya 64 persen serat tak larut dan 32 persen serat larut di dalamnya.

Konsumsi Apel yang Sudah Dikupas ketika Diare

yang sudah dikupas ketika diare rev1

Serat larut bisa menyebabkan munculnya bentuk seperti gel pada tinja dan memperlambat pencernaan. Hal ini bisa bermanfaat untuk seseorang yang mengalami diare.

Kandungan serat ini bisa diperoleh pada bagian dalam apel yaitu pada daging dan bulir. Oleh karena itu ketika kamu mengalami diare, sebaiknya konsumsi apel yang sudah dikupas.

Konsumsi Apel Tanpa Dikupas pada Saat Konstipasi

tanpa dikupas pada saat konstipasi rev1

Serat tak larut bisa meningkatkan pergerakan tinja dan mempercepatnya melewati usus. Oleh karena itu, apel juga cocok untuk mereka yang mengalami konstipasi.

Kandungan serat ini diperoleh pada bagian kulit apel. Oleh karena itu, ketika kamu mengalami konstipasi, sebaiknya konsumsi apel tanpa dikupas sebelumnya.