Saat Dikonsumsi Berlebih 6 Makanan Sehat ini Bakal Munculkan Dampak Buruk

Kesehatan057 views

Inionline.id – Konsumsi makanan sehat merupaan sebuah hal yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan bugar. Namun semua yang berlebihan tentu tidak baik, hal ini juga termasuk pada makanan sehat.

Pada dosis yang tepat, makanan ini bisa berdampak sehat dan baik bagi tubuh. Namun pada dosis yang berlebihan, makanan sehat justru bisa menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh.

Walau dampak kesehatan dari konsumsi makanan sehat secara berlebihan ini tak terlalu berbahaya, namun tetap ada bahaya yang muncul. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah makanan sehat yang bisa berdampak buruk jika dikonsumsi berlebihan.

Ubi

Ubi merupakan pilihan makanan yang lebih sehat dibanding kentang karena mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C dan B serta mangan. Walau begitu, kandungan beta karoten yang tinggi dari ubi bisa menyebabkan tubuh menjadi oranye ketika mengonsumsinya secara berlebih.

Polong-Polongan

Kacang polong memiliki kandungan tinggi serat yang bisa membuat perut kenyang lebih lama ketika menyantapnya. Ketika mengonsumsinya secara berlebih, perut kembung dan penuh gas bisa kamu alami. Untuk mencegah dampak ini, kamu perlu menyeimbangkan konsumsi polong-polongan dengan banyak minum air.

Tahu

Tahu merupakan makanan kaya protein yang bisa menyehatkan dan menjadi alternatif pengganti daging. Selain itu, makanan ini juga kaya dengan kalsium, mangan, selenium, serta sejumlah vitamin.

Walau memiliki kandungan menyehatkan, sebaiknya jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Konsumsi kedelai yang berlebih ternyata justru menyebabkan protein susah terserap dan terproses oleh tubuh.

Anggur

Buah angur memiliki manfaat untuk sistem kekebalan tubuh serta memiliki kandungan gula yang rendah. Selain itu, terdapat kandungan vitamin C, likopen, potessium, serta serat di dalamnya.

Sayangnya buah ini tak boleh dikonsumsi secara berlebih terutama ketika kamu mengonsumsi obat. Hal ini bisa menghalani enzim di saluran dalam tubuh menyebabkan efek obat jadi berlebihan.

Pala

Pala merupakan salah satu rempah-rempah yang bisa berdampak sehat terhadap tubuh. Rempah-rempah ini bisa membantu menurunkan berat badan dan sebagai makanan sehat. Namun mengunsimsinya secara berlebihan bisa menimbulkan dampak tak terduga bagi tubuh.

Cabai

Cabai merupakan salah satu makanan favorit orang Indonesia. Makanan pedas ini sesungguhnya memiliki sejumlah dampak mulai meningkatkan kekebalan tubuh hinga menurunkan risiko penyakit jantung. Sayangnya konsumsi cabai bisa menganggu siklus tidur alami tubuh, menimbulkan rasa mual, diare, dan nyeri di perut.

Sejumlah dampak kesehatan tersebut bisa dialami tubuh ketika kamu mengonsumsi berbagai makanan tersebut secara berlebih. Walau begitu, kamu juga tak perlu menghindarinya secara sepenuhnya, hanya saja perhatikan jumlah ketika mengonsumsinya.