by

Pemerintah Minta Pesepeda Pakai Face Shield-Masker untuk Hindari Corona

Inionlie.id – Sepeda kini mulai dilirik masyarakat sebagai moda transportasi di masa pandemi virus Corona (COVID-19). Agar aman dari virus Corona, para pengguna sepeda diminta untuk menggunakan face shield hingga masker.

“Kalau sedang bersepeda pakai face shield nggak masalah,” kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto (Yuri), saat dihubungi, Selasa (16/6/2020).

Yuri meminta para pengguna sepeda tetap mematuhi protokol kesehatan. Para pengendara sepeda diminta tetap mengenakan masker dan jaga jarak saat di jalanan.

“Tetapi nongkrong, ngobrol sambil bawa sepeda yang harus pakai masker dan jaga jarak,” ucap Yuri.

Seperti diketahui, bersepeda kini tengah menjadi tren di masa pandemi virus Corona baru (COVID-19). Di masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) DKI Jakarta, angka pesepeda bahkan naik hingga 1.000 persen.

Lonjakan volume pesepeda itu berdasarkan hasil survei ITDP (Institute for Transportation and Development Policy). Dari hasil survei, didapati warga bersepeda pada pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Angka pesepeda juga naik signifikan pada siang dan malam hari.