Jokowi Mengigatkan Kepala Daerah untuk Segerakan Anggaran Kesehatan dan Bansos

Nasional057 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan kepala daerah terkait penanganan pandemi Corona (COVID-19). Dia meminta agar pos anggaran yang berkaitan dengan kesehatan dan bantuan sosial (bansos) disegerakan.

“Saya titip kepada gubernur, bupati, dan wali kota agar anggaran-anggaran yang berkaitan dengan kesehatan itu segera dilkeluarkan karana ini menyangkut nanti peredaran uang yang ada di masyarakat,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan untuk Penanganan COVID-19 di Semarang, Jawa Tengah yang disiarkan langsung melalui YouTube Setpres, Selasa (30/6/2020).

“Kedua yang berkaitan dengan belanja bansos juga disegerakan,” sambung Jokowi.

Jokowi mengingatkan dua hal itu penting agar kesehatan juga kebutuhan masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 bisa terpenuhi. Dia juga meminta para kepala daerah menyiapkan anggaran untuk stimulus ekonomi, terutama bagi usaha mikro.

Jokowi dalam kesempatan itu meminta kepala daerah betul-betul serius dan bergerak cepat melakukan penanganan karena dua masalah yang dihadapi dunia saat ini adalah masalah kesehatan dan ekonomi. Dia mengingatkan sejumlah negara di dunia saat ini sudah memasuki resesi.

Meski begitu dia tetap mengingatkan agar para kepala daerah melibatkan data ilmiah dalam melakukan kebijakan. “Tidak usah tergesa-gesa karena yang kita hadapi ini dua, kesehatan dan ekonomi,” jelasnya.