Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Nilai Bantuan Sosial Pemprov Jabar Tidak Efektif

Ekonomi, Headline357 views

Bogor, Inionline.Id – Wakil ketua DPRD Provinsi Jawa barat, Achmad Ru’yat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor besar PT Pos Bogor, jalan KH. Sholeh Iskandar KM.2, Cibadak, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor, pada Senin (11/05/2020).

Kedatangan politisi PKS ini bertujuan untuk memantau bagaimana pendistribusian bantuan sosial pemerintah provinsi Jawa barat ke wilayah kota dan kabupaten Bogor.

Ru’yat memaparkan bahwa kantor Pos besar Bogor ini mendistribusikan bantuan ke 28 kecamatan se-kabupaten Bogor dan 6 kecamatan se-kota Bogor serta untuk 12 kecamatan lain yang masuk wilayah kabupaten Bogor didistribusikan melalui kantor Pos besar cabang Cibinong.

Proses pengecekan bantuan natura pemprov jabar oleh Wakil Ketua DPRD Jawa barat (Achmad Ru’yat) di Kantor Pos Bogor.

“Kami berharap stok bantuan yang ada dan sudah saya lihat sendiri baik berupa paket natura yang dikemas di dalam kardus dan telur itu harus segera didistribusikan agar sampai ke masyarakat by name by address, dan mengingat ada bantuan telur dan sebagainya maka saya sudah menyampaikan kepada Gubernur Jawa barat untuk melakukan evaluasi dan bantuan lebih efektif bilamana diberikan dalam bentuk uang tunai,” kata Ru’yat.

Dirinya beranggapan bahwa dengan bantuan uang tunai senilai 500 ribu rupiah dari pemprov Jawa barat maka hal tersebut akan menghidupkan ekonomi masyarakat dimana mereka tinggal.

“Komoditi bantuan jenis telur ini rawan resiko pecah, kadaluarsa, dan lain sebagainya, membuat mata rantai pendistribusian bantuan menjadi lebih panjang, setelah saya konfirmasi bantuan ini didistribusikan pertama oleh petugas kantor Pos, ojek online, juga melibatkan karang taruna, pungkas Ru’yat.

Selain itu DPRD Jawa barat bersama pemerintah provinsi Jawa barat akan terus mengevaluasi agar bantuan sosial ini jumlahnya akan terus ditingkatkan karena dengan jumlah bantuan yang sekarang, masih jauh dari cukup untuk membantu masyarakat Jawa barat yang kehidupan ekonominya terimbas oleh wabah covid-19.

Wakil kepala kantor pos Bogor, Aris Mulyana yang langsung menerima kedatangan Achmad Ru’yat menjelaskan bahwa sementara ini permasalahan yang dihadapi PT Pos untuk wilayah kabupaten Bogor hanya di persiapan awal saja serta adanya beberapa keterlambatan.

“Hari senin ini,  pendistribusian bantuan wilayah kabupaten Bogor akan konsentrasi ke wilayah Ciomas dan dramaga, kecamatan Ciomas 394 bantuan serta Drama 260 bantuan dari pihak pemprov Jabar,” ungkap Aris. (JC)