Saat Pandemi Corona Megawati Minta Kepala Daerah dari PDIP Jaga Kedaulatan Pangan

Politik157 views

Inionline.id – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri meminta seluruh kadernya, khususnya yang telah menjadi kepala daerah untuk berusaha menjaga kedaulatan pangan di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 ini. Adapun itu disampaikannya saat menggelar rapat DPP yang secara khusus membahas Politik Pangan bersama dengan perwakilan kepala daerah PDIP melalui daring.

“Politik berdaulat di bidang pangan dengan cara berdikari, melalui kebijakan hulu-hilir, dimulai dari penelitian, pengembangan benih unggul, sarana dan prasarana untuk peningkatan produksi, pengolahan hasil, hingga pemasaran,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Senin (11/5/2020).

Menurut dia, instruksi Megawati, berangkat dari apa yang disampaikan oleh Bung Karno, yakni persoalan pangan adalah urusan hidup matinya sebuah bangsa.

“Karena itulah pengembangan penelitian di sektor pertanian harus dilakukan secara progresif sebagai penopang dari hulu untuk mewujudkan kedaulatan di bidang pangan,” ungkap Hasto.

Dia menegaskan, dalam rapat melalui daring tersebut para kepala daerah dari partai berlambang banteng bermoncong putih itu, berkomitmen untuk saling bekerja sama terutama melalui penelitian benih, kerja sama dengan perguruan tinggi dan lembaga penelitian, peningkatan produksi, pemasaran, dan komitmen untuk menghadirkan lumbung desa, badan usaha milik desa, pasar lelang komoditas, serta menggerakkan rakyat di dalam gerakan menanam tersebut.

“Jateng misalnya laporan Ganjar Pranowo terjadi surplus beras dan bawang merah, sementara daerah lain minus. Kemudian Dosmar, Bupati Humbang Hasundutan melaporkan 2 minggu lagi akan panen bawang putih seluas 100 ha,sementara Maluku dilaporkan oleh Gubernur Maluku, Murad perlu bawang putih,” ungkap Gasto.

“Nurdin Abdulah, Gubernur Sulsel melaporkan kerjasama penelitian benih. Sementara Sugiyanto Gubernur Kalteng tentang potensi lahan gambut untuk padi. Kerjasama antar kepala daerah PDI Perjuangan, juga ditempatkan dalam mata rantai pemasaran, dimana daerah yang surplus memasarkan ke daerah yang kurang. Inilah bentuk gotong royong antar kepala daerah PDI Perjuangan,” lanjut dia.

Megawati Perhatian Terhadap Pertanian

Dia juga mengingatkan, perhatian Megawati terhadap pertanian memang sangat besar.

“Bu Mega memiliki koleksi umbi-umbian yang sangat lengkap, juga buku-buku pertanian. Beliau juga tercatat sebagai Presiden yang paling sering mengunjungi pusat penelitian Benih Padi Sukamandi, Jawa Barat,” tukasnya.

“Karena itulah seluruh kepala daerah kami wajib mengedepankan politik pangan berdikari tersebut dan sekaligus berjuang bagi peningkatan kesejahteraan petani dalam pengertian luas. Untuk itu sejak tanggal 28 Maret 2020 yang lalu, Ibu Mega sudah menginstruksikan agar seluruh kepala daerah PDI Perjuangan mencanangkan gerakan menanam tanaman yang bisa di makan seperti sorgum, umbi-umbian, sagu, talas, sukun, jagung, porang, ketela, dan lainnya,” tutup Hasto.