Ini 5 Makanan yang Pantang Dikonsumsi oleh Penderita Sakit Mag saat Berpuasa

Kesehatan057 views

Inionline.id – Pada saat bulan Ramadan seperti sekarang, konsumsi makanan merupakan hal yang sangat menentukan. Hal ini bisa berpengaruh terhadap kelancaran ibadah sehari-hari.

Pilihan konsumsi makanan ini menjadi hal yang penting terutama pada penderita penyakit mag yang sedang berpuasa. Pasalnya salah makanan bisa menyebabkan perut menjadi sakit dan kekhusyukan ibadah jadi terganggu.

Sejumlah makanan sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi pada saat berpuasa. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah makanan yang pantang dikonsumsi penderita mag saat berpuasa.

Cokelat

Dibanding makanan lain, cokelat bisa menyebabkan naiknya asam lambung. Pasalnya, cokelat mengandung kafein dan stimulan seperti theobromine, yang dapat memicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan ini pada saat berpuasa.

Soda

Minuman bersoda juga dapat memicu naiknya asam lambung. Gelembung soda yang terjebak dalam perut dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung. Selain itu, minuman bersoda juga mengandung kafein dan juga bersifat asam sehingga bisa memperburuk kondisi penderita sakit mag.

Gorengan

Gorengan dan makanan banyak lemak dapat menjadi pemicu naiknya asam lambung. Makanan ini sebaiknya dihindari selama puasa karena bisa menyebabkan naiknya asam lambung.

Daging Tinggi Lemak

lemak

Kenaikan asam lambung dapat disebabkan oleh jenis daging tinggi lemak seperti sapi atau kambing. Pasalnya, lemak mengendap lama di perut dan dapat meningkatkan risiko kenaikan asam lambung.

Produk Susu Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak terutama dari produk olahan susu bisa menyebabkan kenaikan asam lambung. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki riwayat sakit mag, sebaiknya hindari produk makanan ini.

Sejumlah makanan tersebut sebaiknya dihindari oleh penderita penyakit mag pada saat bulan Ramadan. Pasalnya, ketika penyakitmu kambuh, kondisi ini bisa mengganggu kelancaran ibadahmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *