Di Pelatihan Online Kartu Prakerja Golkar Jamin Tak Ada Ruang Untuk Korupsi

Politik857 views

Inionline.id – Politikus Partai Golkar Maman Abdurahman melihat, tak ada celah untuk korupsi dalam pelatihan online program kartu Prakerja. Terlebih lagi, dalam program itu tidak ada pengadaan barang dan jasa.

Ketua Bappilu Golkar itu menilai, program pelatihan online kartu prakerja juga tak bisa dimarkup. Dia justru meminta agar anak muda pegiat start up didukung penuh.

“Tidak ada Praktik pengadaan barang jadi apa yang mau dikorupsi Dimana mark up-nya? Bahkan ini peluang usaha baru bagi anak-anak muda pegiat usaha start up untuk bisa membuat Platform perusahaan yang sama,” jelas Maman kepada wartawan, Kamis (30/4).

Dengan demikian, para anak muda bisa bersaing mendaftarkan karyanya melalui platform digital tersebut untuk menjadi lembaga pelatihan di Indonesia.

Maman juga menjelaskan, program kartu Prakerja sudah dipersiapkan jauh sebelum pandemi Covid-19. Awalnya akan direalisasikan dengan pola konvensional, namun dikarenakan ada kejadian Covid-19 akhirnya dimodifikasi sedikit yaitu dengan Sistem Virtual atau Online.

“Banyak yang salah sangka mengatakan ada dugaan korupsi di dana pelatihan Rp5,6 T tersebut, bagaimana cara korupsinya? Kan dana 1 juta pelatihan per orang untuk sebanyak kurang lebih 5,6 juta orang itu diberikan langsung kepada masyarakat dalam bentuk seperti pulsa dimana kalau tidak dipakai ya tidak akan keluar,” tambah Maman yang juga anggota Komisi VII DPR.

Maman juga menjelaskan cara kerja pelatihan kerja online tersebut. Modul pelatihan dibuat oleh semua lembaga pelatihan di Indonesia yang berjumlah ribuan baik yang sudah berkemampuan modul online maupun Offline.

Dia melanjutkan, dikarenakan ada kondisi Covid-19 yang memaksa hanya bisa berinteraksi jarak jauh, maka untuk sementara modul yang digunakan adalah modul online.

“Kebetulan yang memiliki kemampuan membuat modul online baru sekitar 300-an lembaga. Lalu 300-an lembaga pelatihan ini memasarkan module mereka melalui market place virtual yang sampai saat ini ada sebanyak 8 perusahaan virtual yang berbasiskan platform digital dimana salah satunya adalah Ruang Guru,” kata dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *