4 Makanan ini Bisa Membantu Meningkatkan Asupan Sel Darah Merah dalam Tubuh

Kesehatan257 views

Inionline.id – Sel darah merah memiliki peran yang cukup besar dalam kinerja tubuh seseorang. Ketika sel darah merah di dalam tubuh jumlahnya kurang, sejumlah efek bakal dialami oleh tubuh.

Kondisi kurangnya sel darah merah ini bisa menyebabkan terjadinya anemia dan mudah lelah. Sejumlah hal bisa menjadi penyebab munculnya masalah ini.

Salah satu hal yang menyebabkannya adalah pola makan yang buruk. Oleh karena itu, konsumsi sangat penting untuk mencegah masalah ini. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut sejumlah makanan yang bisa membantu jumlah sel darah merah meningkat.

Sayuran Berdaun Hijau

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan terutama yang berkaitan dengan kesehatan darah. Pasalnya, sayuran ini kaya dengan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk memompa produksi sel darah merah.

Salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang kaya akan zat besi adalah bayam. Vitamin C yang ada di dalamnya juga mampu untuk membantu tubuh dalam menyerap zat besi secara maksimal.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan kaya dengan zat besi di dalamnya. Zat ini mampu meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh sehingga membuat kamu terhindar dari anemia.

Sayuran Sejenis Kubis

Kubisa dan sayuran sejenisnya seperti kembang kol dan brokoli memiliki kandungan yang membuatnya memiliki manfaat ini. Sayur-sayuran ini mengandung zat alami yang baik untuk meningkatkan jumlah darah.

Tahu

Tahu merupakan makanan yang diolah dari kedelai. Hal ini membuatnya tinggi dengan kandungan zat besi yang baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Sekitar 170 gram tahu mengandung 6 mg zat besi.

Kondisi kurangnya sel darah darah bisa memicu sejumlah masalah kesehatan lain. Konsumsi sejumlah makanan di atas bisa membuatmu terhindar dari masalah ini.