Ratusan Warga Rusia Menggelar Aksi Demo Tolak Lockdown Corona

Internasional157 views

Inionline.id – Mengabaikan imbauan menjaga jarak (social distancing), ratusan orang menggelar aksi unjuk rasa di wilayah Kaukasus Utara, Rusia untuk memprotes pembatasan yang diterapkan terkait pandemi virus Corona dan kesulitan ekonomi yang terjadi. Ini merupakan salah satu aksi demo besar pertama di negeri itu untuk memprotes lockdown (penguncian) guna mengendalikan penyebaran Corona.

Para demonstran berkumpul pada Senin (20/4) waktu setempat di Vladikavkaz, ibu kota Ossetia Utara di wilayah bergolak Kaukasus Utara, Rusia. Di antara para demonstran termasuk sejumlah orang yang telah kehilangan pekerjaan selama lockdown diterapkan.

Dalam aksi tersebut, banyak demonstran menyerukan pengunduran diri Gubernur Vyacheslav Bitarov. “Mundur! Mundur!,” teriak para demonstran.

“Perusahaan-perusahaan telah ditutup, dan orang-orang kehilangan sumber pendapatan mereka,” ujar Indira Gabolayeva, seorang demonstran seperti dikutip kantor berita AFP, Selasa (21/4/2020).

“Mereka tidak tahu bagaimana melanjutkan hidup. Mereka lebih takut kelaparan daripada infeksi,” cetusnya.

Menurut Gabolayeva, lockdown telah memperparah masalah ekonomi dan sosial yang ada, termasuk melemahnya mata uang Rusia dikarenakan turunnya harga minyak.

Dalam aksinya, sebagian besar demonstran tak memakai masker dan mengabaikan anjuran social distancing.

Gabolayeva mengatakan bahwa para demonstran meragukan keseriusan virus Corona dan perlunya lockdown.

Otoritas Rusia mengerahkan polisi antihuru-hara untuk mengamankan aksi demo ini. Dilaporkan bahwa sejumlah demonstran termasuk aktivis-aktivis terkemuka ditangkap dalam aksi demo ini.

Presiden Vladimir Putin sebelumnya telah menyerukan warga Rusia untuk tidak keluar rumah dan memerintahkan perusahaan-perusahaan untuk terus membayarkan gaji karyawannya, namun pemerintah Rusia hanya memberikan sedikit dukungan nyata untuk perusahaan tersebut.

Sejauh ini Rusia telah mencatat 47.121 kasus Corona dan 405 kematian. Lebih dari separuh kasus Corona tercatat di Moskow, ibu kota Rusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *