Kenali Faktor Risiko dan Cara Pencegahan dari Penyakit Meningitis

Kesehatan157 views

Inionline.id – Meningitis atau radang selaput otak merupakan penyakit yang bisa disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, serta parasit. Meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada selaput tipis yang melindungi otak dan saraf tulang belakang.

Terdapat berbagai hal yang bisa menimbulkan penyakit ini yaitu mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur, hingga parasit. Karena berbagai cara penyebarannya, penyakit ini bisa menyebar dengan sangat mudah.

Salah satu penyebar atau penularan yang paling sering menyebabkan munculnya meningitis adalah bakteri. penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi lanjutan jika tidak ditangani dengan baik.

Dr. Devia Irine Putri pada Klikdokter menyebut bahwa risiko meningitis bisa berbeda tergantung dari beberapa faktor. Beberapa hal ini bisa membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit tersebut.

Faktor Risiko meningitis

meningitis rev2

Usia

Jika melihat usia, meningitis sangat mudah menyerang bayi dan anak-anak dibandingkan orang dewasa. Hal ini disebabkan oleh sistem pertahanan tubuh bayi dan anak-anak belum sekuat orang dewasa.

Komunitas dan Pekerjaan

Infeksi akan mudah menyebar apabila kamu berada di komunitas yang besar. Semakin padat jumlah populasi suatu wilayah, semakin mudah penularan mikroorganisme penyebab meningitis. Selain dari tempat komunitas, lingkungan kerja, seperti menjadi tenaga medis maupun mikrobiologis, dapat meningkatkan risiko seseorang terkena meningitis.

Kondisi Medis Tertentu

Pada kondisi medis tertentu, seperti penyakit bawaan, HIV/AIDS, kelainan darah, serta riwayat keganasan yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi dapat menurunkan sistem imun. Tak mengherankan jika banyak orang yang tertular meningitis akibat sistem imunnya melemah.

Riwayat Bepergian

Bepergian ke berbagai daerah juga bisa meningkatkan risiko penyakit ini. Di daerah tertentu, terdapat daerah yang endemik penyakit meningitis seperti di Mekah maupun di wilayah Afrika.

Penularan Meningitis

rev2

Secara garis besar, meningitis dapat menular dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung. Misalnya, seorang yang terinfeksi meningitis sedang bersin atau batuk, maka mikroorganisme penyebab meningitis akan menetap di udara. Secara tak sengaja, bisa saja mikroorganisme itu terhirup oleh orang yang sehat.

Selain itu, berciuman secara langsung dengan penderita dapat menularkan mikroorganisme penyebab meningitis. Penggunaan barang-barang yang sama seperti alat makan, handuk, selimut dengan penderita juga meningkatkan risiko tertularnya meningitis.

Selain dari kontak langsung, mikroorganisme penyebab meningitis dapat menular melalui persalinan. Seorang ibu yang sedang bersalin dapat menyalurkan Escherichia coli maupun Streptococcus grup B kepada bayi yang dilahirkan.

Cara Mencegah Penularan Meningitis

penularan meningitis rev2

Penularan mikroorganisme penyebab meningitis sangat mudah terjadi. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menjaga kebersihan dan meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Beberapa cara untuk mencegah tertular meningitis antara lain:

– Menggunakan masker apabila sedang bepergian ke tempat yang penuh dengan polusi atau sedang menjenguk seseorang di rumah sakit seperti di ruang isolasi atau ruang high care unit.
– Selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala.
– Konsumsi makanan bergizi dan air putih yang cukup. Jangan lupa juga untuk menyiapkan makanan yang sudah matang dan terjamin kebersihannya.
– Usahakan untuk beristirahat yang cukup, setidaknya tidur berkualitas selama 7-8 jam setiap hari.
– Selalu memperhatikan tempat tujuan bepergian. Apabila daerah itu endemik terhadap meningitis, usahakan untuk melakukan vaksinasi sebelum bepergian.

Sejumlah cara itu bisa kamu lakukan untuk melindungi diri dari penularan meningitis. Ketika kamu merasa tengah mengalami penyakit ini, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mencari pengobatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *