Ini 5 Cara Membuat Gorengan Menjadi Lebih Sehat untuk Dikonsumsi

Kesehatan057 views

Inionline.id – Gorengan merupakan salah satu jenis makanan yang disukai oleh banyak orang. Hanya saja banyak yang mempertimbangkan untuk konsumsi makanan ini karena dampak buruk yang dimilikinya.

Selama ini, gorengan telah diketahui sebagai pemicu dan biang keladi dari sejumlah masalah kesehatan. Dampak buruk yang ditimbulkan ini bahkan mengalahkan rasa lezat yang dimilikinya.

Walau tidak bisa mengenyahkan seluruh dampak buruk yang ada di dalamnya, makanan ini bisa setidaknya dibuat lebih sehat. Beberapa cara bisa membantu membuat gorengan ini setidaknya lebih sehat untuk dikonsumsi.

Sejumlah cara ini bisa kamu coba dalam mengolah makanan gorengan yang kamu miliki. Dilansir dari Lifehacks, berikut sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat gorengan lebihs sehat dikonsumsi.

Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang bakal cukup mneyehatkan ketika digunakan untuk menggoreng. Minyak ini lebih stabil pada temperatur tinggi sehingga bisa digunakan untuk menggoreng sambil menjaga nutrisi dan kualitas di dalamnya.

Jenis minyak zaitun terbaik untuk digunakan adalah virgin atau extra virgin. Label ini menunjukakkan bahwa terdapat lebih sedikit zat kimia dalam ekstraksinya.

Gunakan Minyak Baru

baru rev1

Menggunakan minyak yang baru dan masih bersih bisa membuay makanan tetap lezat sambil menjaga nutrisi di dalamnya. Menggunakan minyak bekas juga bisa membuat nilai nutrisi di dalamnya hilang.

Selain menggunakan minyak baru, kamu juga harus sering-sering membersihkan kotoran dari minyak. Cara ini bisa membuat nutrisi tetap terjaga dengan baik di dalam minyak.

Gunakan Adonan yang Tepat

Pada beberapa gorengan, adonan dibutuhkan untuk makanan bisa lebih lezat. Dalam membuat adonan ini, kamu bisa membuatnya lebih sehat dengan memilih tepung bebas gluten.

Tepung biasa cenderung lebih banyak menyerap minyak pada makanan. Menggunakan tepung yang tepat bisa jadi cara tepat dalam membuat gorengan lebih sehat.

Gunakan Baking Soda

soda

Menambahkan baking soda juga bisa menjadi cara meningkatkan kualitas adonan makanan. Cara ini juga bisa lebih menyehatkan karena menurunkan penyerapan minyak pada makanan.

Pertahankan Suhu Minyak

Mempertahankan suhu minyak dan tak mengubahnya merupakan cara tepat untuk membuat makanan lebih sehat. Jika minyak tidak cukup panas, maka makanan bakal menyerap lebih banyak minyak.

Jika minyak terlalu panas, maka hal in bisa menyebabkan makanan jadi gosong. Hal ini juga bisa membuat makanan jadi tak sehat dan tak lezat.

Selaint melakukan cara tersebut, pastikan agar makanan yang kamu goreng ditaruh di atas tisu dapur untuk menyerap minyak berlebih. Hal ini bisa menghilangkan kandungan minyak berlebih di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *