Heboh Corona, Pemkab Cirebon Imbau Warga Jangan Panik Belanja

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Sempat muncul fenomena panic buying atau kepanikan berbelanja setelah pemerintah mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terinfeksi virus Corona. Pemkab Cirebon mengajak masyarakat tak perlu panik untuk berbelanja kebutuhan pokok.

“Ya, jangan ikut panik untuk memborong ketersediaan pangan. Tidak perlu panik,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Diperdagin) Kabupaten Cirebon Dadang Heryadi saat berbincang di kantornya, Selasa (3/3/2020).

Dadang menjamin stok pangan di Kabupaten Cirebon tetap aman. “Toh Corona itu saat ini tidak semua daerah kena. Kebutuhan bahan pokok cukup banyak, masih aman,” kata Dadang.

Ia menegaskan kepanikan berbelanja bisa berimbas pada stabilitas harga. Sebab, lanjut Dadang, dalam hukum pasar tingginya permintaan barang berpengaruh terhadap kenaikan harga.

“Ya bisa menyebabkan harga naik,” ucapnya.

Dadang menambahkan sejauh ini harga bahan pokok di Kabupaten Cirebon masih stabil. Tak ada kenaikan harga yang cukup signfikan.

“Ada juga kenaikan harga gula pasir. Ini dikarenakan kran impor gula masih tertutup. Tapi tidak ada kaitannya dengan Corona,” kata Dadang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *