5 Kuliner yang Wajib Dicoba Saat Kunjungi Tasikmalaya

Inionline.id – Tasikmalaya merupakan salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat yang memiliki kekayaan kuliner melimpah. Bagi penggila kuliner, Tasikmalaya tentunya harus ada dalam daftar kunjungan karena memiliki banyak penganan khas.

Beberapa kuliner yang terkenal di Tasikmalaya. Beberapa kuliner ini bahkan sudah ada sejak 1950-an dan bertahan hingga saat ini.

1. Nasi Tutug Oncom

Kuliner khas Tasikmalaya yang mudah ditemui yakni Nasi Tutug Oncom (TO). Nasi TO khas Tasikmalaya sudah dikenal luas. Nasi yang dipadukan dengan Oncom ditambah bumbu lain seperti jahe, kencur, bawang putih dan garam ini bisa dijadikan menu sarapan, makan siang, atau makan malam.

Warung yang menyediakan nasi TO ini pun mudah ditemukan, mulai dari wilayah Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. Namun ada satu wilayah yang dijadikan sentra Warung TO yakni Komplek Dadaha di Kota Tasikmalaya.

2. Kupat Tahu

Kuliner lainnya yang tidak kalah terkenal enak di Tasikmalaya yakni kupat tahu. Dari sekian banyak kupat tahu yang dijajakan, ada satu warung yang menyediakan kupat tahu yang dikenal kenikmatannya, yakni kupat tahu Mangunreja.

Kupat tahu Mangunreja ini sudah ada sejak 1955. Pengelolaannya kini berada di tangan generasi ketiga. Warung kupat tahu Mangunreja berada di Desa Toblongan, Kecamatan Mangunreja, atau berjarak 2 km arah barat dari Kecamatan Singaparna.

Bedanya dari kupat tahu lainnya, kupat tahu Mangunreja memiliki ciri khas tersendiri. Beras yang digunakan untuk kupat memiliki kualitas bagus, ditanak dengan menggunakan kayu bakar selama 6 jam.

Selain itu, bumbu yang disajikan pun tampak kental dengan perpaduan rempah-rempah seperti bawang daun, kacang tanah, parutan kelapa, cabe, garam, gula aren, asem, dan santan.

Sementara kacang tanah dihaluskan dengan cara ditumbuk dan tidak dihaluskan dengan blander. Pengolahan bumbu kacang ini memakan waktu 3 jam.

3. Bakso Laksana

Sama seperti halnya warung Nasi TO, Warung bakso mudah ditemukan di setiap sudut Tasikmalaya. Mulai dari penjual bakso di gerobak hingga di toko-toko atau kedai. Namun dari banyaknya penjual itu, Bakso Laksana konon merupakan bakso paling enak di Tasikmalaya.

Berada di Jalan Pemuda Nomor 5, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Bakso Laksana sering menjadi buruan para pecinta bakso, baik dari Tasikmalaya atau luar Tasikmalaya. Bukan hanya rasanya yang konon enak dan bikin ketagihan, tetapi bangunan yang tua tempat bakso ini dijual memberi kesan tersendiri bagi penikmat bakso.

Penyajian bakso pun cukup berbeda dengan kedai bakso lainnya. Kuah dan bakso dipisahkan dengan mie bertabur daging cincang, ditambah pangsit. Penyajian bumbu tambahan seperti kecap, sambal tidak di tempatkan wadah umumnya, melainkan disimpan dalam tempat kecil terpisah.

4. Pecel Orange

Selain kuliner Bakso Laksana, ada juga kuliner yang sudah puluhan tahun hadir di Tasikmalaya, namanya Pecel Oranye. Pecel ini dijual di Jalan Empang, Kelurahan Empangsari, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya. Kuliner ini sudah ada sejak zaman Belanda atau sekitar 1925.

Sayuran segar yang terdiri dari kol, kacang panjang, tauge, dan sayuran lainnya, pada pembuatan pecel, disiram dengan bumbu kacang yang halus atau berbeda dengan pembuatan pecel umumnya, yang diaduk antara bumbu kacang dan sayuran di atas cobek.

Selain menyajikan pecel, warung yang konon menjadi tempat makan “noni Belanda” ini juga menyajikan gado-gado dan rujak cuka.

5. Soto Pataruman

Warung Soto Paturaman berada di Jalan Pataruman No. 23, Kelurahan Yudanegara, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya.

Kuah soto yang konon sudah ada sejak 1960-an ini juga sedikit encer. Isi dari soto juga sangat melimpah dengan berisi suwir daging ayam kampung, ati ampela, telor, ceker irisan daun bawang, dan kedelai goreng.

Kuah yang berasal dari santan kepala ditambah dengan isian soto yang melimpah membuat rasa yang dihasilkan sangat berbeda dengan soto-soto buatan warung soto lainnya. Kuah yang didominasi santan kelapa membuat rasa gurih, namun dengan kadar yang pas. Hal itu yang membuat banyak penikmat soto yang ketagihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *