Wakil Ketua DPRD Jabar Tinjau Langsung Area Longsor Desa Sukaraksa

Antar Daerah057 views

Bogor, Inionline.id – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa barat, Achmad Ru’yat meninjau langsung lokasi longsor di Desa Sukarasa, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor dalam rangkaian tinjauan bencana pada Jumat (03/01/2020).

Kejadian bermula ketika Ru’yat beserta rombongan melintasi area pegunungan Kecamatan Cigudeg menuju Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya. Mobilnya terjebak macet karena jalan yang dilaluinya terdampak longsor sepanjang 100 meter.

Tampak eskavator masih berjaga di sisi jalan dimana ratusan motor lalu-lalang di area yang masih berbahaya tersebut. Melihat kondisi ini Ru’yat langsung turun dari mobilnya dan berjalan menghampiri petugas eskavator yang didampingi warga sekitar untuk berdialog terkait musibah longsor yang terjadi.

Warga Sukaraksa, Mus menjelaskan bahwa longsor terjadi secara tiba-tiba diakibatkan oleh intensitas hujan yang sering.

“Tinggi longsorannya saja ini ada mencapai 50 meter lebih sehingga jalan sempat terputus,” ujar Mus.

Menanggapi hal ini, Ru’yat menyatakan dampak longsor dan banjir bandang kali ini memang sangat memprihatinkan, maka dari itu dirinya menegaskan perlunya evaluasi dari pemerintah baik tingkat pusat, provinsi, maupun kabupaten untuk secara gotong royong bersama-sama menangani masalah infrastruktur seperti jalan dan jembatan yang rusak akibat bencana.

“Penanganan terkait dampak kerusakan pada jalan dan jembatan, khusus untuk jalan di wilayah Cigudeg dan Sukajaya ini sebagian sudah dibuka, tapi khusus jembatan dan rumah warga tampaknya perlu waktu untuk disinergikan sampai selesai tertangani,” kata Ru’yat.

Selain itu Ru’yat juga mengingatkan agar para pengambil kebijakan melakukan evaluasi kepada pembangunan yang berjalan supaya memperhatikan keseimbangan alam.

“Karena dari beberapa bencana yang terjadi akibat perubahan peruntukan lahan, yang mestinya untuk tanaman keras, kemudian berubah jadi tanaman palawija,” tutup Ru’yat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *